Tuesday, 21 May 2019

Meikarta dalam Pandangan Islam

Meikarta dalam Pandangan Islam

Foto: Proyek pembangunan Meikarta yang tetap berjalan meski bermasalah dalam perizinan. (Nael Kilimanjaro/swamedium)

Modus Turnkey Project ini sukses dijalankan di Afrika. Diantaranya negara Zambia, Gabon, Angola dan negara yang baru terbentuk yaitu Sudan Selatan. Bahkan jika sudah tidak sanggup mengganti hutang yang telah China keluarkan pada banyak pembangunan proyek, maka taruhannya adalah ekonomi, politik dan kekuasaan yang akan dikendalikan penuh oleh China.

Dengan kata lain negara itu kolaps dan milik China. Tentu, hal ini sungguh benar-benar berbahaya.

Tidak hanya itu, jika kita melihat kasus Meikarta ini, penulis menganggap bahwa Pembangunan kota baru yang berlokasi di Kabupaten Bekasi bukanlah hal yang urgent untuk dilakukan.

Foto: Desa Cibatu yang sebagian wilayahnya telah berubah menjadi kawasan proyek Meikarta. (ist)

Karena masalah serius yang dihadapi oleh negeri ini adalah persoalan ekonomi tidak sehat dan kesenjangan sosial. Hal tersebut didasarkan pada data-data berikut ini:

1. Badan Pusat Statistik menyajikan data bahwa rasio gini Indonesia sejak 2007 hingga Maret 2017 menujukkan koefisien angka 0,35 sampai 0,39. Kemudian pada tahun 1990-2000 world bank juga menyajikan data rasio gini Indonesia memiliki nilai koefisien 0,30 sampai 0,39. Semakin nilai koefisien rasio gini itu menuju angka 1, maka itu adalah zona kesenjangan yang perlu diwaspadai sebab nilai koefisien rasio gini ideal adalah semakin mendekati angka 0.

2. Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) menyatakan, tahun 2016 ketimpangan sudah mencapai angka 0.41- 0.45, dan jika sudah mencapai 0.5 sudah memasuki kesenjangan sosial yang berbahaya.

3. Pengangguran usia muda juga meningkat misalnya ditemukan tingkat pengangguran tertinggi ternyata lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan persentase 9,84 persen, meningkat dari 9,05 persen pada tahun sebelumnya (BPS,2016).

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)