Senin, 14 Juni 2021

Revisi UU Ormas Bisa Cepat Kalau DPR Bergerak

Revisi UU Ormas Bisa Cepat Kalau DPR Bergerak

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto

Jakarta, Swamedium.com – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengatakan revisi undang-undang ormas bisa saja segera dilakukan jika diinisiasi oleh DPR.

Banner Iklan Swamedium

“Kalau pemerintah juga bisa saja. Tapi menurut kami yang tercepat adalah inisiatif DPR dan kita mulai dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada masuk prolegnas dan lain sebagainya,” kata Agus, Jumat (27/10).

Dia juga mengatakan saat ini partainya tengah melakukan pengkajian terhadap poin-poin dari UU tersebut yang harus dilakukan revisi.

“Saat ini masih dicari poin-poin yang harus direvisi,” jelasnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat mengatakan salah satu pasal yang harus direvisi adalah sanksi dan proses peradilan pembubaran ormas.
Menurutnya, sanksi yang ada di UU Ormas dinilai tidak memenuhi rasa keadilan bagi ormas karena didasarkan pada subjektivitas pemerintah.

“Tentunya yang paling pas karena kita negara hukum maka semua sanksi itu tidak bisa ditentukan oleh pemerintah sendiri. Apalagi yang memberikan itu menteri, dia juga pejabat politik nanti akan berimbas yang kurang baik,” terangnya. (dng)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita