Rabu, 12 Mei 2021

Dahulu GNPF MUI, Kini GNPF Ulama, Mengapa?

Dahulu GNPF MUI, Kini GNPF Ulama, Mengapa?

Foto: Konferensi pers GNPF Ulama menjelaskan juga perihal penggantian nama dari GNPF MUI. (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama menjelaskan penggantian nama yang sebelumnya adalah GNPF MUI. Hal ini disebut sebagai inisiatif dari beberapa ulama.

Banner Iklan Swamedium

“Kami mengubah nama menjadi GNPF Ulama atas inisiasi para ulama yang bersepakat dan nantinya GNPF Ulama ini merupakan wadah ijtihad atau ijma ulama dan tokoh tokoh Islam di Indonesia, supaya dapat bersama sama ulama dalam mengambil keputusan,” kata Ustadz Bachtiar Nasir, di Jakarta, Senin (30/10).

Bachtiar mengatakan, diubahnya nama GNPF ini berdasarkan keputusan bersama ulama, juga agar MUI sebagai lembaga independen dapat mempunyai privasinya sendiri.

“Kami rasa agar apa yang dikawal oleh GNPF berupa fatwa ini tidak semata mata karena MUI, karena barang tentu MUI punya privasi sendiri dan MUI juga tak terlalu terbenani dengan nama yang kita sandang ini,” ungkap pria yang akrab disapa UBN ini.

Bachtiar juga memastikan tidak ada pembubaran GNPF MUI melainkan hanya penggantian nama, dan juga tidak ada perubahan struktur, termasuk Dewan Pembina tetap dipegang Habib Rizieq Syihab.

“(GNPF MUI) tidak (dibubarkan). Hanya ganti nama saja. Masih (Habib Rizieq Syihab. Tidak ada perubahan (struktur). Habib (Rizieq Syihab) sebagai dewan pembina,” tutur Bachtiar. (Jok/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita