Jumat, 18 Juni 2021

Pengamat Minta MK Segera Putuskan Gugatan Uji Materi Verifikasi Parpol

Pengamat Minta MK Segera Putuskan Gugatan Uji Materi Verifikasi Parpol

Foto: Gedung Mahkamah Konstitusi. (Nael Kilimanjaro/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Mahkamah Konstitusi (MK) diminta segera memproses gugatan uji materi terkait Pasal 173 ayat 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang mengatur verifikasi partai politik.

Banner Iklan Swamedium

Uji materi terhadap pasal tersebut diajukan oleh sejumlah partai politik (parpol) yang tidak setuju terhadap verifikasi yang hanya diberlakukan terhadap parpol baru. Sementara parpol peserta Pemilu 2014 tidak lagi diverifikasi.

“Karena substansinya sangat berkaitan dengan tahapan pemilu yang sedang berjalan,” ujar Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Fadli Ramadhanil, di Jakarta, Kamis (2/11).

Dia berpendapat, hakim MK perlu segera memutuskan perkara tersebut karena terkait dengan tahapan pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang prosesnya sedang berjalan.

“Putusan yang cepat dari MK dapat memberikan waktu bagi parpol lama untuk melakukan persiapan jika ternyata MK mengabulkan gugatan pemohon,” jelas Fadli seperti dikutip Sindonews.

“Karena materi yang diuji sangat berkaitan dengan penyikapan yang harus dilakukan oleh penyelenggara terhadap proses verifikasi,” imbuhnya. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita