Rabu, 14 April 2021

Registrasi Ulang Kartu SIM, Pemerintah Didesak Beri Jaminan Keamanan Data

Registrasi Ulang Kartu SIM, Pemerintah Didesak Beri Jaminan Keamanan Data

Foto : Ilustrasi Kartu SIM (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Terkait program registrasi ulang kartu Subscriber Identity Module (SIM) pada telepon genggam, Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi (CISSReC) Pratama D. Persadha mendesak Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) memberikan jaminan keamanan data kepada Masyarakat.

Banner Iklan Swamedium

“Bukan curiga tapi was-was saja, karena belum ada penjelasan dari pemerintah siapa yang nyimpan (data), simpannya dimana? Apakah di masing-masing operator, Dukcapil, Kominfo? Ada keamanan?,” kata Pratama di Cikini, Jakarta, Sabtu (4/11).

Selain perlu adanya kewaspadaan terhadap penyalahgunaan data, dirinya mengingatkan bahwa apabila nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kelembagaan terkait tidak ada ancaman hukuman karena pemerintah tidak menerapkan hukuman maksimal untuk individu ataupun instansi penyimpan data.

“Contoh misal kartu kredit mensyaratkan fotocopy KTP, KK, lalu ditaruh di meja saja. Ketika orang melihat itu, orang bisa memanfaatkan, ini yang membuat masyarakat was-was, dan ini berkaitan dengan nomor telepon,” jelasnya.

Lebih lanjut Pratama menjelaskan bahwa program pemerintah tersebut bukan bermaksud untuk membingungkan masyarakat, hanya saja program tersebut perlu adanya dukungan dari semua pihak.

Pratama menegaskan, jangan sampai nantinya data tersebut disalahgunakan, karena itu, pemerintah harus bisa memberikan jaminan kepada masyarakat. Karena, lanjut dia, sangat disayangkan apabila program yang sudah sebagus ini tidak dimaksimalkan sistemnya.

Menurut Pratama, harus ada sistem proaktif dari operator atau penyedia jasa layanan kartu SIM untuk memberikan informasi kepada pelanggan. Jangan sampai juga, kata dia, sistem yang bermaksud melindungi masyarakat malah menyusahkan masyarakat.

“Saya coba memakai data orang lain berhasil registrasi, meskipun untuk mengubahnya saya harus pergi ke operator, harus disempurnakan, harus ada sistem unregister, ini yang diperbaiki,” pungkasnya. (Yog)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita