Jumat, 18 Juni 2021

Survei LKPI: La Nyalla Tetap Ungguli Khofifah dan Gus Ipul

Survei LKPI: La Nyalla Tetap Ungguli Khofifah dan Gus Ipul

Surabaya, Swamedium.com — Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) kembali merilis hasil survei preferensi pemilih menyambut Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang.

Banner Iklan Swamedium

Kontestasi di antara tiga kandidat semakin seru, yaitu antara Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti, Mensos Khofifah Indar Parawansa, dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyono mengatakan, La Nyalla masih unggul dibanding para kompetitornya.

“Posisi La Nyalla sebagai ketua umum Kadin Jatim, mantan ketua PSSI, pengusaha sukses, dan memimpin berbagai organisasi membuat publik percaya kemampuannya.

Hasil survei menyebutkan, sebanyak 33,7 persen responden akan memilih La Nyalla sebagai gubernur Jawa Timur, lalu disusul Khofifah 18,3 persen, dan Gus Ipul 16,8 persen. Adapun 31,2 persen lainnya belum menentukan pilihan.

“Ini survei ketiga kami, dan hasilnya cenderung konsisten. La Nyalla karena publik menginginkan perubahan,” kata Arifin saat dikonfirmasi, Sabtu (4/11).

Arifin mengatakan yang membuat Pilgub tahun depan semakin menarik adalah kaitannya dengan pemilihan presiden atau Pilpres 2019 di mana hanya dua tokoh utama yang muncul, yaitu Jokowi dan Prabowo Subianto.

“Publik sudah membaca keterkaitan antara Pilgub dan Pilpres karena jaraknya memang berdekatan,” kata Arifin.

Hasil temuan survei menyebutkan, 69,2 persen responden berpendapat bahwa pertarungan Pilgub Jatim punya hubungan erat dengan Pilpres 2019 dalam persaingan antara partai pendukung Joko Widodo dan Prabowo.

Sebanyak 78,3 persen responden mempercayai bahwa pengusungan Gus Ipul dan Khofifah hanya akan memuluskan langkah Jokowi menjadi presiden untuk dua periode.

“Itu karena mereka diusung oleh partai pemerintah,” kata Arifin

Ditambahkan Arifin,survei LKPI ini digelar pada 20-30 Oktober 2017 dengan menyasar 900 responden di 38 kabupaten/kota se-Jatim.Metode penarikan dan penentuan sampel adalah multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,3 persen. (Ari)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita