Rabu, 16 Juni 2021

Demi Kelancaran Penyidikan, Pemuda Muhammadiyah Desak KPK Segera Tahan Setnov

Demi Kelancaran Penyidikan, Pemuda Muhammadiyah Desak KPK Segera Tahan Setnov

Foto: Ketua DPR Setya Novanto. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Pemuda Muhammadiyah menilai penetapan Setya Novanto (Setnov) sebagai tersangka untuk kedua kalinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan koruspi KTP-El sebagai langkah yang tepat. Apalagi KPK berdalih mengantongi bukti yang cukup untuk menetapkan kembali Setnov sebagai tersangka.

Banner Iklan Swamedium

Hal itu disampaikan Ketua Pemuda Muhammadiyah Bidang Hukum, Faisal melalui rilis yang diterima Swamedium.com, Senin (6/11) malam.

Menurut Faisal, langkah yang paling tepat saat ini pasca Setnov ditetapkan menjadi tersangka adalah segera melakukan penahanan.

“Penahanan ini penting demi menjamin kelancaran proses penyidikan. Jangan sampai KPK lakukan blunder untuk kedua kalinya. Segera lakukan penahanan demi kepentingan penyidikan,” tegas Faisal.

Terlebih lagi, lanjut dia, Setnov beberapa kali mangkir dipanggil KPK dengan dalih pemeriksaannya harus terlebih dahulu memerlukan izin Presiden berdasar pada pasal 245 UU MD3.

“Jelas ini manuver hukum yang tak cukup berdasar. Karena didalam UU MD3 tersebut izin tidak berlaku terhadap tindak pidana khusus. Begitu jelas jika korupsi termasuk dalam klasifikasi tindak pidana khusus,” papar Faisal.

Untuk itu, Faisal mendesak KPK untuk segera menahan Ketua Umum Partai Golkar itu untuk kepentingan kelancaran proses penyidikan.

“KPK harus segera menahan Setnov demi kepentingan penyidikan. Status tersangka setnov ini adalah alasan yang cukup untuk lakukan penahanan,” pungkas Faisal. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita