Minggu, 12 Juli 2020

Tak Mampu Cegah PHK, Pemerintah Sediakan Program Alih Profesi

Tak Mampu Cegah PHK, Pemerintah Sediakan Program Alih Profesi

Foto. Ilustrasi (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Imbas dari perekonomian yang lesu adalah makin bertambahnya pekerja yang terkena korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memberi solusi dengan program alih profesi.

Pekerja korban PHK yang ingin alih profesi bisa mendaftar secara mandiri ke balai-balai pelatihan yang dibuat oleh Kemenaker di pusat maupun daerah.

Perlu diketahui, sampai saat ini belum ada rilis resmi terkait jumlah pekerja yang terkena PHK. Namun sektor industri yang disebut paling banyak mengurangi karyawan adalah perdagangan, jasa investasi dan pertambangan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalattas) Kemenaker Kunjung Masehat mengatakan, program alih profesi tersebut dilaksanakan dengan memberikan pelatihan keterampilan (re-training) bagi pekerja PHK.

“Kalau di kami, ada yang disebut dengan sistem re-training untuk mereka yang ingin mengubah profesi,” ujar Kunjung, Rabu (8/11) yang dirilis CNNindonesia.

Pekerja PHK yang bisa mengikuti program ini berasal dari berbagai bidang pekerjaan, misalnya para petugas jalan tol yang terpaksa berhenti akibat gerakan nontunai di gardu tol hingga para pekerja ritel.

“Sekarang contohnya perubahan di tol. Pihak sana (perusahaan Badan Usaha Jalan Tol/BUJT) kan sudah akan mengubah, re-training orangnya. Jadi pindah profesi. Itu yang mereka lakukan. Mereka bisa kerja sama dengan kami,” katanya.

Contoh lain, misalnya pekerja PHK memiliki keterampilan awal menjahit. Maka, pada program re-training, pekerja akan diasah kembali kemampuannya dan ditambahkan dengan keterampilan lain, misalnya pengetahuan merancang (desain).

Dengan demikian, keterampilannya tak sebatas menjahit saja, namun sudah bertambah dan memiliki nilai daya saing yang lebih tinggi. Hal ini membuat peluang pekerja untuk masuk ke perusahaan lain lebih besar, bahkan naik jabatan.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.