Tuesday, 12 November 2019

UMKM Akan Berkembang Jika Manfaatkan E-commerce

UMKM Akan Berkembang Jika Manfaatkan E-commerce

Foto. Pemerintah kampanyekan gerakan ekonomi digital agar UMKM berkembang. (nael)

Jakarta, Swamedium.com – Kehadiran ekonomi digital diberbagai sektor kehidupan tak dapat lagi dibendung. Kementerian Koperasi dan UKM melakukan kampanye Gerakan Nasional Digitalisasi UMKM agar pengusaha UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) mampu memanfaatkan ekonomi digital untuk memaksimalkan bisnisnya.

Kementerian Koperasi dan UKM melalui program Gerakan Nasional Digitalisasi UMKM berharap jumlah UMKM yang memanfaatkan situs online bisa bertambah banyak. Salah satu caranya adalah dengan menggandeng para pelaku bisnis online seperti Blanja.com, MatahariMall.com, Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia dan Bukalapak.

Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Herustiati mengatakan, jumlah pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital seperti e-commerce sudah mencapai 3,79 juta UMKM.

“Kemkop UKM terus mendorong upaya pemanfaatan dan optimalisasi pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku bisnis koperasi dan UMKM,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/11).

Saat ini, Kemkop UKM sudah melaksanakan ragam kebijakan untuk pengembangan ekonomi digital. Seperti pendaftaran badan hukum koperasi dan perubahan anggaran dasar koperasi secara online, kerjasama dengan PT Telkom, hingga pengembangan technopreneur di kalangan mahasiswa.

Gerakan UMKM Go Online dilaksanakan oleh Kemenkop dan UKM secara serentak di 13 kota, yaitu Medan, Jambi, Palembang, Bekasi, Bogor, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang Selatan, Bandung Barat, Purwakarta, Sidoarjo, dan Surabaya.

Peresmian Gerakan Nasional UMKM Go Online diadakan pada 15 November di Jakarta.Sedangkan pelaku e-commerce yang terlibat dalam gerakan ini adalah BLANJA.com, MatahariMall.com, Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia, dan Bukalapak. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.