Minggu, 25 Oktober 2020

Ini Lima Bahaya Makan Jelang Tidur

Ini Lima Bahaya Makan Jelang Tidur

Foto. Kebiasaan makan sebelum tidur berbahaya bagi kesehatan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Sebagian orang merasa sulit tidur jika perut dalam keadaan lapar. Padahal, kebiasaan makan, terutama makanan berat menjelang tidur, ternyata tidak bagus untuk kesehatan.

Ada yang berpendapat setidaknya empat jam sebelum waktu tidur, perut harus setop diisi dengan makanan agar pencernaan bisa beristirahat dengan baik. Namun, rambu-rambu ini kerap dilanggar, terbukti warung-warung kuliner bila malam hari ramai dikunjungi pengunjung.

Mengonsumsi makan di malam hari, menjelang tidur ini kerap dilakukan oleh karyawan atau pekerja yang biasanya sampai di rumah sudah larut malam. Perut yang memberontak karena lapar mendorong mereka untuk mengisi perutnya dengan makanan. Ternyata kegiatan makan malam ini memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Sebagaimana dirilis oleh Klikdokter.com. fakta medis membuktikan bahwa makan sebelum tidur tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika Anda mengonsumsi makanan yang tergolong tidak sehat, tinggi kalori atau tidak bergizi.

Di antara sekian banyak efek samping makan sebelum tidur, berikut lima di antaranya:

1. Meningkatkan berat badan

Sistem pembakaran tubuh menurun ketika Anda tidur dan tidak beraktivitas. Sehingga, makanan yang dikonsumsi tidak akan dibakar dan disimpan sebagai lemak. Akibatnya apalagi kalau bukan berat badan yang meningkat.

2. Kualitas tidur terganggu

Makan sebelum tidur membuat tubuh bekerja untuk membakar kalori yang masuk dari makanan. Pada akhirnya, proses ini akan menyebabkan Anda tidak bisa langsung tidur akibat perut yang begah.

3. Penyakit lambung atau GERD

Arus balik asam lambung atau gastro esophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit yang sering terjadi karena kebiasaan makan dan langsung tiduran. Sebab, ketika lambung penuh dengan makanan dan posisi Anda tiduran, maka asam lambung akan mudah naik ke arah kerongkongan.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.