Friday, 06 December 2019

Berswafoto dengan Hitler Viral, Komunitas Yahudi Kecam Museum Lilin di Jogja

Berswafoto dengan Hitler Viral, Komunitas Yahudi Kecam Museum Lilin di Jogja

Seorang pengunjung Museum De ARCA di Yogyakarta berfoto bersama patung lilin Hitler. (Iman Rohimayanto)

Yogyakarta, Swamedium.com — Museum di Yogyakarta menarik patung lilin Hitler setelah tampilannya menyebar global.

Museum seni patung De ARCA mendapatkan kecaman dari komunitas yahudi, media asing, dan organisasi hak asasi manusia karena menampilkan patung lilin Adolf Hitler berseragam Nazi.

Selain itu, patung Hitler berdiri di depan gambar pintu masuk pusat konsentrasi Auschwitz.

Konon, di lokasi itu lebih dari 1,1 juta orang dibunuh selama Perang Dunia II. Menurut klaim pihak yahudi, sebagian besar korban tersebut merupakan yahudi Eropa. Selain itu, korban terdiri dari gipsi Roma dan tawanan perang dari Soviet.

Fenomena itu memuakkan masyarakat internasional, meskipun tiada sama sekali pengunjung museum tersebut yang mengeluh dengan patung Hitler itu.

Masyarakat Indonesia tampak gembira berfoto bersama patung Hitler.

Pusat Simon Wiesenthal, organisasi yahudi yang berlokasi di Los Angeles, mengecam patung tersebut sebagai “menjijikkan” dan mendesak agar tidak dipajang lagi.

“Segala sesuatu tentang hal itu tidak dapat dibenarkan. Sulit menemukan kata-kata untuk menggambarkan hinanya hal itu,” ungkap rabi Abraham Cooper dari pusat Simon Wiesenthal kepada AP, Sabtu (11/11).

“Latar belakangnya menjijikkan. Itu mengejek para korban yang masuk ke sana dan tak pernah keluar,” lanjutnya.

Jamie Misbah, manajer operasional museum De ARCA, mengonfirmasikan bahwa mereka sudah menarik patung tersebut, Sabtu (11/11).

“Kami tidak ingin mengundang reaksi keras,” kata Jamie kepada AFP.

“Tujuan kami menampilkan figur Hitler di Museum ini hanya untuk mendidik [masyarakat],” terang Jamie.

Ada sekitar 80 patung lilin pemimpin dunia dan selebritas internasional di museum tersebut. Para pengunjung berswafoto dengan patung-patung itu, lalu memamerkannya ke media sosial.

Berbagai foto di media sosial menunjukkan orang-orang berfoto bersama patung Hitler, termasuk sekelompok anak kecil berkaos oranye yang meragakan penghormatan ala Nazi, yaitu tangan kanan diangkat ke depan.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.