Selasa, 15 Juni 2021

Survei Indocon: Posisi RK Tidak Aman di Pilgub Jabar

Survei Indocon: Posisi RK Tidak Aman di Pilgub Jabar

Foto: Direktur Eksekutif Indocon, Fajar Nursahid. (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.com – Ridwan Kamil (RK), Deddy Mizwar (Demiz) dan Dedi Mulyadi (Demul) masih menjadi bakal calon Gubernur Jawa Barat dengan tingkat elektabilitas lebih dari 11 persen.

Banner Iklan Swamedium

“RK elektabilitasnya 34,6 persen, Demiz dengan elektabilitas 15,3 persen dan Demul 11,9 persen,” kata Direktur Eksekutif Indocon, Fajar Nursahid, Ahad (12/11).

Walau elektabilitas RK hampir mencapai 35 persen, tetapi posisinya masih belum aman, banyak pemilih yang belum mantap dengan pilihannya.

“Jumlah pemilih RK yang masih belum mantap mencapai 47,1 persen,” katanya.

Survei dilakukan dengan 1000 responden yang bertempat tinggal di 100 wilayah yang tersebar merata di 27 Kabupaten/Kota se Jawa Barat. Waktu survei sejak 10 sampai 22 Oktober 2017 lalu.

“Ini menunjukkan ciri dukungan terhadap RK masih volatile, nilai elektabilitasnya mudah tergerus bila muncul calon baru yang lebih fokus dalam memilih,” katanya.

Ciri tersebut, kata Fajar, tidak hanya berlaku bagi RK tetapi juga berlaku kepada pemilih yang akan memilih Demiz dan Demul.

Dengan kata lain, dari 1000 responden yang mengatakan pilihannya masih bisa berubah 47,1 persen, yang mengatakan tidak akan berubah lagi 33,5 persen dan yang mengatakan tidak tahu 19,4 persen.

Fajar juga menerangkan dengan data tersebut di atas bisa disimpulkan dari 35 persen pemilih RK, strong voters-nya hanya sekitar 15 persen.

Fajar menilai, dengan jumlah strong voters seperti itu, masih jauh dari cukup untuk mengamankan posisinya di dalam Pilgub Jabar 2018, nanti.

Terlebih, sambung Fajar, bila berkaca pada pengalaman Pilgub Jabar tahun sebelumnya. Kandidat yang elektabilitasnya tinggi, ternyata kalah.

“Kasus dialami Agum Gumelar, pada tahun 2008, dan Dede Yusuf tahun 2013.,” jelasnya.

Padahal pada 2008-2013 lalu, figur dan elektabilitas Agum Gumelar maupun Dede Yusuf sangat tinggi. (Ris)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita