Jumat, 25 Juni 2021

BI dan Polda Jabar Musnahkan 54.041 Lembar Uang Palsu

BI dan Polda Jabar Musnahkan 54.041 Lembar Uang Palsu

Foto: Pemusnahan puluhan ribu lembar upal, dipimpin langsung oleh Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto bersama Direktur Eksekutif Bank BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat. (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dan Polda Jabar memusnahkan 54.041 lembar uang palsu (Upal). Jumlah tersebut merupakan hasil pengungkapan sejak tahun 2009 sampai 2017.

Banner Iklan Swamedium

Upal dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam mesin penghancur. Pemusnahan ini dilakukan setelah mendapat ketetapan hukum dari pengadilan.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, sebagian besar upal didapat dari klarifikasi perbankan. Sekitar 82 persen merupakan hasil klarifikasi perbankan.Sedangkan sisanya dari Kepolisian dan masyarakat masing-masing 14,5 persen dan masyarakat 2,7 persen.

“Berdasarkan data tersebut kita dapat melihat bahwa kejahatan terhadap mata uang khususnya pemalsuan uang rupiah masih terjadi di wilayah Jabar dan terlihat seperti fenomena gunung es sehingga perlu mendapatkan penanganan yang serius,” ujarnya di acara Pemusnahan Barang Temuan Upal di Kantor Bank Indonesia Jawa Barat, di Jalan Braga, Bandung, Rabu, (15/11).

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan langkah pemusnahan tersebut merupakan salah satu upaya memberikan informasi kepada masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap peredaran uang palsu.

Agung mengatakan dalam kurun waktu setahun, Polda Jabar telah menangani 7 kasus upal. Sebanyak 15 orang tersangka telah ditahan.

“Tahun ini kita menyita barang bukti dari tujuh kasus itu sebanyak sembilan ribu lembar,” jelasnya. (Ris)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita