Senin, 23 November 2020

Antisipasi Banjir dan Longsor, Gubernur Jabar Tetapkan Status Siaga

Antisipasi Banjir dan Longsor, Gubernur Jabar Tetapkan Status Siaga

Foto: Banjir Kabupaten Bandung (BPBD)

Bandung, Swamedium.Com – Sepanjang November 2017, hujan tidak pernah absen membasahi seluruh pelosok di Jawa Barat. Untuk mengantisipasinya, status siaga darurat bencana ditetapkan.

Status tersebut ditetapkan di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Penetapan tersebut, sesuai hasil rapat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) soal pergerakan tanah dan bencana benjir. Dan berdasarkan laporan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Penetapan tertuang dalam surat Nomor 362/kep.1024-BPBD/2017 yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada 30 Oktober lalu.

“Status siaga ditetapkan per 1 November 2017, lalu hingga 31 Mei 2018,” tulis Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam keterangan tertulisnya pada wartawan, Rabu (16/11).

Status siaga tersebut, tambah Aher, panggilan akrab Ahmad Heryawan dapat diperpanjang tergantung kondisi di lapangan.

Adapun kabupaten berstatus siaga darurat bencana meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk Kotamadya berstatus siaga bencana meliputi Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Sukabumi dan Kota Tasikmalaya.

Aher meminta BPBD di tingkat Kabupaten dan Kota untuk melaksanakan upaya-upaya kesiapan siaga keadaan darurat.

“Sehingga mampu meminimalisir potensi dampak bencana melalui penanganan yang bersifat cepat, tepat dan terpadu,” katanya.

Aher juga mengimbau kepada kepala daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan tindakan-tindakan antisipasi yang diperlukan. Masyarakat juga diimbau untuk lebihh waspada. (Ris)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.