Senin, 14 Juni 2021

Dukung Pemprov DKI, GEPRINDO akan Bentuk Dewan Kreatif Jakarta

Dukung Pemprov DKI, GEPRINDO akan Bentuk Dewan Kreatif Jakarta

Foto: Presiden GEPRINDO Bastian P Simanjuntak (Geprindo)

Jakarta, Swamedium.com – Demi membangun kota Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya, Gerakan Pribumi Indonesia (GEPRINDO) akan segera membentuk Dewan Kreatif Jakarta yang pengurusnya terdiri dari para pakar di bidang sosial dan para praktisi di bidang kreatif.

Banner Iklan Swamedium

Presiden GEPRINDO, Bastian P Simanjuntak mengatakan, Dewan Kreatif Jakarta nantinya akan membantu Pemprov DKI dalam menyelesaikan segala permasalahan di DKI Jakarta dengan kajian-kajian akademik, desain baru dan juga dengan gagasan-gagasan out of the box sehingga permasalahan-permasalahan yang selama ini sulit disolusikan, diharapkan bisa diselesaikan dengan solusi yang terbaik dan menyenangkan semua pihak.

“Jakarta harus bisa menjadi icon kota kreatif yang dikenal sampai ke segala penjuru dunia. Kota kreatif sebenarnnya bukan barang baru di negara-negara maju di dunia. Contohnya  kota Roma di Italy, Paris-Perancis, Kyoto-Jepang, Vienna-Austria,” kata Bastian melalui rilis yang diterima Swamedium.com, Kamis (16/11).

Menurut Bastian, dengan perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan segala aspek, diharapkan dalam waktu tiga tahun ke depan, kota Jakarta sudah bisa menjadi salah satu Kota Kreatif di dunia sehingga bisa menjadi daya tarik baru bagi para wisatawan baik domestik maupun internasional. 

Bastian menuturkan, selain didukung oleh Pemprov DKI Jakarta, Dewan Kreatif Jakarta juga akan bekerja sama dengan DeKraf agar konsep-konsep yang dihasilkan bisa semakin sempurna dan terintegrasi dengan program-program pemerintah pusat.

“Sebagai konsep awal setelah Dewan Kreatif Jakarta terbentuk, kami akan membuat kajian konsep yaitu Kampung Kreatif dan Youth Centre,” ujar Bastian.

Kampung Kreatif
Kampung kreatif merupakan solusi untuk menata kampung-kampung kumuh dan miskin dengan memasukan unsur-unsur kreatif dalam penataannya, sehingga kampung-kampung yang ditata justru bisa menjadi kampung penghasil ekonomi warga kampung dan juga menjadi destinasi wisata kampung di Jakarta.

“Salah satu kampung kreatif yang akan dibangun adalah kampung kreatif di Kampung Bayam, sesuai dengan janji Anies Sandi pada saat kampanye pilkada DKI lalu, dimana setelah ditata, Kampung Bayam akan ditata secara kreatif dan masyarakat kampung menjadi pelaku home industry yang sarana dan prasarananya akan disediakan oleh Pemprov DKI,” jelas Bastian. 

Youth Centre
Youth Centre rencananya akan menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda yang bisa menyalurkan bakatnya, disana ada sarana ekstrem sport, hobbies, perpustakaan, musik, bengkel aplikasi, dan lain-lain, sehingga anak-anak muda Jakarta bisa menggunakan waktu senggangnya untuk hal-hal positif dan terhindar dari pengaruh negatif pergaulan kota metropolitan. 

“Kami akan mengajak siapa saja yang ingin ikut serta secara aktif untuk berkontribusi menuangkan gagasannya membangun kota jakarta untuk bergabung di Dewan Kreatif Jakarta, tentunya sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Target kami awal tahun depan pengurus Dewan Kreatif Jakarta sudah tersusun rapih, sehingga kami bisa segera berkoordinasi baik dengan Pemprov DKI maupun dengan Dekraf dibawah pemerintah Pusat,” papar Bastian. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita