Senin, 30 November 2020

Mahasiswa Rokan Hulu Tolak Waduk yang Akan Dibangun Jokowi

Mahasiswa Rokan Hulu Tolak Waduk yang Akan Dibangun Jokowi

Foto: Tolak Pembangunan Waduk, Mahasiswa Rohul Unjuk Rasa di Depan Kantor Gubernur Riau. (Hasbullah Tanjung/jurnalis warga/swamedium)

Pekanbaru, Swamedium.com – Puluhan Mahasiswa asal Rokan Hulu (Rohul) menggelar aksi unjuk rRasa di depan Kantor Gubernur Riau, Kamis (16/11) kemarin siang. Massa menolak kebijakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) terkait pembangunan waduk Rokan Kiri di Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu.

Dikatakan Korlap Aksi, Maspuri, pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019 ini akan merendam 2.500 hektare terdiri 4 desa yang berjumlah 15 ribu jiwa.

Selain itu, Masputi juga menyebut dampak proyek yang menelan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) lebih Rp3 triliun ini akan mengakibatkan pengusiran rakyat dari kampung halaman.

“Kultur budaya akan hilang, lahan pertanian dan perkebunan akan tenggelam,” tegasnya.

Ditambahkan Maspuri, tujuan dari aksi ini adalah meminta Gubernur Riau, ArsyadJudliandi Rachman untuk mendesak Presiden Jokowi agar segera membatalkan pembangunan waduk Rokan Kiri.

Selain kepada Gubernur, massa juga meminta DPRD Provinsi Riau mendesak Presiden Jokowi untuk membatalkan proyek tersebut. (Hasbullah Tanjung/jurnalis warga)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.