Selasa, 24 November 2020

‘Web Browser’ Milik Cina Dicekal di PlayStore, Begini Tanggapan Pemerintah India

‘Web Browser’ Milik Cina Dicekal di PlayStore, Begini Tanggapan Pemerintah India

Foto: Logo UC Browser. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Anda pasti sudah tidak asing lagi apabila Anda ingin berselancar mencari informasi di Internet pasti Anda akan membuka ‘web browser’. Dan Anda pasti sudah tidak asing lagi bila mengenal ‘web browser’ UC Browser.

Ya, ‘web browser’ yang menjadi favorit digunakan apabila ingin berselancar mencari info namun tetap dapat menghemat kuota Internet ini ternyata merugikan bagi para penggunanya. Hal itu dibuktikan oleh tanggapan pemerintah India dan dicekalnya aplikasi UC Browser dari toko aplikasi PlayStore milik Google.

Melalui Android Authority, pemerintah India mengklaim bahwa aplikasi UC Browser dapat mengirim data sensitif dari pengguna UC Browser tanpa diketahui, bahkan meski aplikasi UC Browser tersebut telah dihapus.

Menurut data dari Android Authority, pengguna aktif UC Browser di India mencapai 100 juta per bulan dari jumlah seluruh pengguna UC Browser di seluruh dunia.

Hingga saat ini, seperti yang dilansir dari Android Authority, pihak UC Browser yang merupakan anak perusahaan Alibaba Grup tersebut telah membantah melakukan kesalahan-kesalahan, dengan menyatakan bahwa pihaknya “tidak akan melakukan apapun untuk melanggar kepercayaan pengguna kami” dan hal itu akan membawa “keamanan dan privasi dengan sangat serius.”

Hingga saat ini, dari pihak Google belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai pencekalannya UC Browser di toko aplikasi miliknya. Pencekalan tersebut dilakukan oleh Google sejak Selasa (14/11) malam hari. (*/rk)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.