Sabtu, 28 November 2020

Buat Park and Ride, Anies Dorong Warga Naik Kendaraan Umum

Buat Park and Ride, Anies Dorong Warga Naik Kendaraan Umum

Foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan usai menghadiri Rapat Paripurna Pembacaan Pandangan Fraksi soal RAPBD 2018. (Iqlima/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Gubernur DKI Jakarta berupaya mendorong warga Jakarta menggunakan transportasi massal salah satunya dengan membangun Park and Ride di beberapa titik di Jakarta.

Sebelum Park and Ride, Anies akan mencabut larangan roda dua melintas di Jalan Sudirman. Anies menilai hal tersebut adalah langkah yang tepat mengingat pengendara roda dua juga berhak melintas di kawasan itu.

“Mengemudikan kendaraan roda dua itu tidak menurunkan estetika, mengemudi roda dua sama terhormatnya dengan mengemudikan roda empat, nah dalam jangka panjang nanti kalau kita sudah bisa menyiapkan tempat untuk park and ride,” terang Anies di DPRD DKI, Kamis (17/11) kemarin.

Anies mengatakan nantinya park and ride akan menjadi lahan parkir pengendara roda dua, kemudian park and ride terintegrasi dengan moda transportasi massal.

“Nah dalam jangka panjang nanti kalau kita sudah bisa menyiapkan tempat untuk park and ride maka pengemudi motor parkir lalu pindah ke kendaraan umum,” terang Anies.

Bagi Anies, jika pengendara motor dilarang terlebih dahulu akan menimbulkan kecemburuan sosial. Bagi Anies hal tersebut dinilai tidak adil.

“Tapi sebelum ada tempat parkir motor, supaya mereka bisa pindah ke kendaraan umum maka menjadi tidak adil ketika kendaraan roda dua tidak bisa menggunakan jalan, memang jangka panjang juga akan kita siapkan area park and ride bagi roda dua maupun roda empat, tapi itu sebelum itu jadi, beri kesempatan yang sama kepada mereka,” tutup Anies. (Ima)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.