Senin, 23 November 2020

FJJ: Hilman Langgar Kode Etik Jurnalistik

FJJ: Hilman Langgar Kode Etik Jurnalistik

Foto: Lokasi kecelakaan yang dialami Setya Novanto. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Forum Jurnalis Jakarta (FJJ) mengecam keras atas keterlibatan oknum wartawan televisi nasional yang melindungi Ketua DPR RI, Setya Novanto. Atas kejadian tersebut FJJ menilai oknum wartawan TV ini jelas sudah menyimpang dari kode etik jurnalistik.

Ketua Forum Jurnalis Jakarta, Ahmad Yuslizar mengatakan akibat ulah oknum wartawan tersebut sudah jelas dapat meresahkan para jurnalis lainnya. Apalagi sekarang ada tudingan bergulir, ada uang besar mengalir ke media.

“Kabar yang menyebut Ketum Golkar selama pelarian bersembunyi di apartemen yang dimiliki si wartawan. Bahkan wartawan itu juga yang memberikan rute pelariannya. Ini sangat meresahkan kawan kawani,” tegas Yos saat dikonfirmasi, jumat (17/11).

Seperti diberitakan, adanya keterlibatan seorang wartawan TV diduga dari Metro TV, dikabarkan melindungi Setya Novanto di apartemennya. Selain itu Oknum Wartawan tersebut juga yang menyupiri mobil Toyota Fortuner B 1732 ZLO yang ditumpangi Novantio tersebut sehingga akhirnya mengalami kecelakaan. Adanya Kabar yanv berhembus, bahwa kedekatan Setnov dengan sang wartawan sudah berlangsung sejak lama.

Yos sapaan akrabnya mengatakan kedekatan wartawan dengan narasumber sudah biasa. Banyak wartawan mendapatkan manfaat dan kemudahan. Tapi kata Yos, tidak serta merta lantas melindungi narasumber yang bermasalah secara hukum. Ini melanggar kode etik.

“Kalau benar si oknum itu melindungi maka ini jelas pengkhianatan profesi,” tegasnya.

Maka dari itu, FJJ meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa rekening yang bersangkutan. Apakah ada ketidakwajaran.

“Tidak lazim seandainya oknum tersebut memiliki aset hingga miliaran rupiah. Harus cek rekeningny,” pungkasnya. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.