Kamis, 03 Desember 2020

Sandiaga Apresiasi “Mpok Duma” di Kecamatan Sawah Besar

Sandiaga Apresiasi “Mpok Duma” di Kecamatan Sawah Besar

Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi peluncuran program “Mpok Duma”. (Dok. Pemprov DKI)

Jakarta, Swamedium.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi peluncuran program Mpo Duma perdana di kantor kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11). Program Mpok Duma merupakan singkatan dari Media Pojok Pengaduan Masyarakat yang akan berlangsung setiap hari Sabtu pukul 08.00-11.00 WIB.

“Ada Mpok Duma di sini namanya tentang bagaimana Pemprov bisa menerima keluhan masyarakat pada hari Sabtu yang baru dilaunching hari kemarin. Pak Camat tadi menampung beberapa kelurahan tokoh-tokoh masyarakat dan itu harus ditindaklanjuti segera,” ujar Sandi.

Setiap keluhan, lanjut dia, program Mpok Duma akan mengidentifikasi penyelesaiannya termasuk tingkat pemerintahan yang akan menanganinya. Keluhan dari masyarakat, sambung Sandi, sangat beragam dan beberapa di antaranya tidak cukup diselesaikan di tingkat kecamatan.

“Ada yang tingkatnya nasional seperti pelintasan kereta. Ada yang sifatnya lokal seperti RPTRA. Ada yang bisa diselesaikan hari ini juga seperti cabut tiang listrik sebelum ketabrak. Terus ada normalisasi sungai yang itu perlu kita bicarakan karena itu tingkat kebijakan di level provinsi,” terang dia.

Sandi juga menjelaskan program “Mpok Duma” merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari instruksi Pemprov agar seluruh kantor kecamatan dapat melakukan open house dan menerima langsung pengaduan dari masyarakat.

Program ini bertujuan agar warga Jakarta tidak perlu menyampaikan setiap masalah ke balai kota karena beberapa masalah dapat ditindaklanjuti segera di tingkat kecamatan.

Apabila masalah tersebut tidak bisa diselesaikan di tingkat kecamatan, maka akan diteruskan ke tingkat lebih lanjut yaitu kota/kabupaten hingga provinsi. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.