Jumat, 27 November 2020

Anies Bakal Gelar Tausiyah Kebangsaan di Monas Pekan Depan

Anies Bakal Gelar Tausiyah Kebangsaan di Monas Pekan Depan

Foto: Mantan Rektor Universitas Paramadina itu berharap ke depan Monas dapat dijadikan tempat berkumpul dan mempererat tali silaturahmi antar warga. (Pemprov DKI)

Jakarta, Swamedium.com – Memperingati hari pahlawan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menggelar Tausiyah Kebangsaan di kawasan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada Ahad (26/11) mendatang.

Rencana tersebut sekaligus menunjukan keseriusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk membuka kembali kegiatan keagamaan di Monas.

“Bulan November adalah bulan pahlawan kita akan menyelenggarakan kegiatan di hari Ahad tanggal 26 November, dengan mengadakan tausiyah kebangsaan, Insyaallah dilakukan di hari Minggu malam di Monas. Sekaligus ini menandai dibukanya kembali Monas, untuk kegiaatan-kegiatan yang lengkap,” kata Anies di Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (19/11).

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu berharap ke depan Monas dapat dijadikan tempat berkumpul dan mempererat tali silaturahmi antar warga.

“Insyaallah ini akan menjadikan Monas sebagai salah satu tempat dimana warga bisa merasakan kebersamaan di tempat yang luas dan lapang. Kemarin hanya digunakan acara kenegaraan dan lain-lain, kalau sekarang boleh ditambahkan acara kebudayaan pendidikan dan keagamaan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, aturan terkait larangan membuat kegiatan di Monas diatur dalam SK Gubernur DKI Jakarta Nomor 150 Tahun 1994 tentang Penataan Penyelenggaraan Reklame di Kawasan Taman Medan Merdeka (Monumen Monas) dan SK Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Reklame dan Bentuk Baliho, Umbul-umbul, dan Spanduk di Jakarta.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak mengizinkan kawasan Monas sebagai tempat menggelar acara keagamaan.

“Kalau sekarang Majelis Rasulullah kami kasih, majelis-majelis yang lain pada minta juga enggak? Minta. Yang Kristen, Buddha minta enggak? Ya balik lagi kejadian gitu. Ya sudah lebih baik tidak usah semualah,” kata Ahok di Balai kota, Jakarta, Jumat (16/10) lalu. (Bil/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.