Senin, 23 November 2020

Warga Antusias Kunjungi Bazaar Jaringan Wirausaha OK OCE di Kemayoran

Warga Antusias Kunjungi Bazaar Jaringan Wirausaha OK OCE di Kemayoran

Foto: Warga antusias kunjungi bazar ok oce di lapangan PORS, Kemayoran, Jakarta Pusat. (Nico Andrianto/jurnalis warga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Ribuan warga antusias mengunjungi Bazaar yang diadakan oleh Jaringan Wirausaha OKE OCE (JWO) Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat (19/11). Bertempat di depan Lapangan PORS, Kelurahan Serdang, acara pameran produk-produk UMKM yang tergabung dalam jaringan OKE OCE (one kecamatan, one center) tersebut diawali dengan senam pagi oleh masyarakat sekitar.

“Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Kota Jakarta Pusat, Coach Faran Jaya, Kepala Dinas UMKM Jakarta Pusat, Kapolsek Kemayoran, Bimaspol, Camat Kemayoran, Lurah Serdang, Ketua RW 4, dan LMK.

Menurut Ketua Panitia Bazaar JWO Serdang, H. Budiono, terdapat 76 stand yang bukan hanya datang dari kelurahan Serdang, tetapi juga Marunda, Cengkareng, dan Priok. Stand tersebut diantaranya berupa produk kuliner, pakaian, obat herbal, aneka keu basah maupun kering, baik produk rumahan maupun yang mulai diproduksi dalam skala industri kecil. Terdapat pula produk keperluan rumah tangga seperti sabun cuci piring, detergent, karbol, maupun sabun cuci tangan produk rumah tangga bermerk.

Foto: Anak-anak juga antusias kunjungi bazar Jaringan Wirausaha OK OCE di lapangan PORS, kemayoran. (Nico Andrianto/jurnalis warga/swamedium)

Salah satu peserta Bazaar, Desi Rachman, mengatakan bahwa UMKM yang ikut dalam Bazaar JWO Serdang ini telah melalui seleksi sebelumnya. Produsen aneka roti, kue kering, snack box dan tumpeng bermerk Dapoer Qlick tersebut telah menjalankan usahanya selama setahun. Kalau selama ini produknya dijual secara online, Bazaar JWO Serdang menurutnya turut membantu memperkenalkan produknya.

Kepala Kelurahan Serdang, Riska Handayani, Ketua Dewan Kota Jakarta Pusat, Drs H. Bambang Subroto, Coach “Oke Oce” Faran Jaya, dan Ketua panitia Bazaar, H. Budiono.

Menurut Ketua Dewan Kota Jakarta Pusat, Drs H. Bambang Subroto, UMKM harus menjadi soko guru perekonomian Nasional. Ekonomi nasional, baik mikro maupun makro harus berkembang secara seimbang. Jangan sampai ekonomi makro yang mengalami peningkatan, namun ekonomi mikro stagnan. Menurutnya upaya memperkenalkan produk UMKM harus didukung sebagai perwujudan ekonomi kerakyatan.

Foto: Para pejabat setempat juga menghadiri Bazaar OK OCE di Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat. (Nico Andrianto/jurnalis warga/swamedium)

Kepala Dinas UMKM Jakarta Pusat, Irwandi, membuka secara resmi Bazaar JWO Serdang tersebut. Dalam sambutannya Irwandi menyampaikan bahwa Pemerintah dalam waktu dekat akan mencanangkan pameran produk UMKM di Kecamatan Tanah Abang, Sawah Besar, dan Kemayoran. Selain itu juga akan diadakan Bazaar setiap bulan di tingkat Kota Jakarta Pusat. Pemerintah akan mengikutsertakan UMKM yang terpilih untuk mengikuti pameran, baik di dalam maupun luar kota. Hal tersebut sebagai upaya mewujudkan RPJMD DKI Jakarta yang telah merencanakan setiap tahun akan menciptakan 40 ribu wirausaha baru.

Coach Faran Jaya mengatakan bahwa Gubernur Baru periode 2017-2022 yang mengusung jargon, “Jakarta maju kotanya, bahagia warganya” memang memiliki fokus mengembangkan UMKM di 40 Kecamatan yang ada. Masyarakat Serdang yang mempunyai jiwa wirausaha diajak bergabung dengan OKE OCE untuk mendapatkan pelatihan dan memperkenalkan produknya. Sehingga diharapkan pelaku usaha rakyat akan meningkat dari UMKM menjadi pelaku ekonomi menengah atau bahkan suatu saat menjadi besar.

Lurah Serdang dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan bazaar ini maka warga bisa bertemu dengan warga lainnya, dan UMKM bisa menjual produknya. Menurutnya bazaar seperti ini harus kontinyu dilaksanakan, agar ekonomi masyarakat lebih berkembang. Acara pembukaan Bazaar JWO Serdang ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustads Sutarman. (Nico Andrianto/jurnalis warga)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.