Senin, 30 November 2020

Besok, MKD Undang Seluruh Fraksi Bahas Posisi Setnov

Besok, MKD Undang Seluruh Fraksi Bahas Posisi Setnov

Foto: Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (dpr.go.id)

Jakarta, Swamedium.com – Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya sudah menjadwalkan rapat konsultasi dengan fraksi untuk membahas pergantian Ketua DPR Setya Novanto yang tengah ditahan KPK.

“MKD besok, Selasa (21/11) akan mengadakan rapat konsultasi dengan fraksi-fraksi untuk menyamakan persepsi dan pendapat mengenai hal ini (pergantian ketua DPR),” kata Dasco di Gedung DPR RI, Senin (20/11).

Dasco mengatakan nantinya fraksi akan diminta pendapatnya terkait dugaan pelanggaran etik Novanto. Sebelumnya, F-NasDem dan F-PAN mendesak Novanto dicopot dari Ketua DPR.

“Namun kan ini perkembangan terakhir juga ada beberapa laporan mengenai dugaan pelanggaran kode etik yang timbul ketika ketua DPR berhalangan untuk menjalankan tugas-tugasnya dan juga berdampak kepada marwah dan kehormatan DPR,” jelas Dasco.

Dalam UU MD3, MKD dapat menggelar sidang dugaan pelanggaran etik tanpa harus melalui aduan. Namun, Dasco menerangkan, masih terdapat perbedaan pandangan antar-fraksi.

“Ya bisa begitu, tapi kan karena ini ada pendapat fraksi. pendapat-pendapat fraksi dari hal itu baiknya samakan supaya kesamaan persepsi ini penting supaya nggak jadi polemik,” tutup dia. (*/Dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.