Minggu, 29 November 2020

PAN Minta Golkar Tegas Soal Novanto

PAN Minta Golkar Tegas Soal Novanto

Foto: Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Yandri Susanto. (Danang/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Partai Amanat Nasional (PAN) meminta kepada Fraksi Golkar untuk segera mencopot Setya Novanto dari kursi ketua DPR. Hal ini terkait dengan ditahannya Setya Novanto dini hari tadi.

“Ya begini, jadi persoalan pergantian itu sebenarnya di tangan Golkar. Tinggal kami minta kepada Golkar bisa melihat kondisi yang objektif seperti ini untuk kepentingan kelembagaan DPR,” ujar Sekretaris F-PAN Yandri Susanto saat dihubungi, Senin (20/11/2017).

Yandri menjelaskan soal pergantian Novanto kewenangan penuh berada di partai bersangkutan. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

“Karena kalaupun partai mendesak (pergantian), semua partai mendesak, tapi kalau Golkar nggak mau juga nggak bisa karena kan UU MD3 nya begitu. Ya harus, bagusnya diganti,” terang Yandri.

Dirinya pun meminta kepada Golkar untuk bisa mengambil sikap tegas. Sebab penahanan Novanto bisa berimbas buruk bagi citra DPR
“Partai Golkar harus mendorong itu (pergantian). Novanto juga harus mau mengundurkan diri. Kalau nggak kan, kalaupun Novanto nggak mau kan nggak bisa juga jadi harus dua-duanya. Karena cukup mengganggu citra kelembagaan DPR hari ini,” ujar Yandri. (Dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.