Selasa, 01 Desember 2020

Paripurna DPRD DKI, Anies Jamin Kesejahteraan Pasukan Oranye

Paripurna DPRD DKI, Anies Jamin Kesejahteraan Pasukan Oranye

Foto: Anies-Sandi saat menghadiri sidang paripurna tanggapan RAPBD DKI 2018 di DPRD DKI. (Dok. Pemprov DKI)

Jakarta,Swamedium.com – Melalui sidang paripurna tanggapan DPRD DKI atas pidato Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kamis (16/11) lalu, sejumlah fraksi meminta penjelasan Anies soal kelanjutan Pekerja Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau pasukan oranye.

Mananggapi itu, Anies menjawab dalam Rapat Paripurna Rapat Paripurna yang digelar DPRD DKI dengan agenda Penyampaian Jawaban Gubernur terkait Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Raperda tentang RAPBD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018.

Menurut Anies, peran PPSU adalah Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP), yang direkrut berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 yang telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015.

“Mereka menerima imbalan jasa sesuai dengan surat perjanjian kontrak atau kerja selama 1 (satu) tahun anggaran. Oleh karenanya, mereka bukan pegawai dan tidak terkait dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” kata Anies dalam pidatonya di gedung DPRD DKI, Senin (20/11).

Walaupun demikian, lanjut Anies, tingkat kesejahteraan PPSU tetap diupayakan melalui pemberian imbalan jasa sebesar UMP DKI Jakarta.

“Pemberian tunjangan asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan, serta fasilitas bantuan lainnya berupa KJP Plus, subsidi pangan dan akses bus Transjakarta secara cuma-cuma,” pungkasnya. (Bil)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.