Senin, 23 November 2020

Tanah Abang Akan Disulap Jadi Pusat Perdagangan ASEAN

Tanah Abang Akan Disulap Jadi Pusat Perdagangan ASEAN

Foto: Ilustrasi kawasan Tanah Abang. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Kesemrawutan Tanah Abang membuat Pemprov DKI berniat untuk menyulapnya menjadi Pusat Perdagangan ASEAN. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno melihat Tanah Abang mirip seperti Grand Bazaar Istanbul, Turki.

“Grand bazaar di Istanbul sekitar 400 ribu. Saya liat ada kemiripan dan saya lihat Tanah Abang punya potensi sebagai pusat perdagangan di ASEAN. Pusat perdagangan terbesar dari segi jumlah pedagang dan aktivitas commercenya. Dan kalau itu dilakukan integrasi mudah-mudahan visi kita hadirkan pusat ekonomi dan perdagangan di ASEAN bisa terwujud,” kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Senin (20/11).

Sandi menyebutkan kemiripan Tanah Abang dengan Grand Bazaar di mana sekitar 300 ribu warga setiap harinya melakukan transaksi jual beli di Tanah Abang.

“Tanah Abang itu ada sekitar 300 ribu warga yang datang baik lakukan kegiatan ekonomi atau teruskan perjalanan, maupun kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi akar rumput,” ujar Sandi.

Saat ini Tanah Abang dikenal sebagai pusat tekstil terbesar di Asia Tenggara. Namun hingga kini masih banyak permasalahan yang belum terselesaikan di kawasan tersebut. Seperti Pedagang Kaki Lima (PKL) yang tidak tertata dengan baik dan banyaknya banyak angkutan umum yang masih berhenti di sembarang tempat, serta banyaknya pejalan kaki yang berlalu-lalang. (Ima)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.