Sabtu, 28 November 2020

Buruh Jabar Minta Gubernur Tak Tetapkan Upah Berdasarkan PP 78

Buruh Jabar Minta Gubernur Tak Tetapkan Upah Berdasarkan PP 78

Foto: Buruh Jabar minta Gubernur tak tetapkan upah berdasar PP 78 (Ariesmen)

Bandung, Swamedium.Com – Ribuan massa pekerja asal beberapa serikat buruh se Jawa Barat berunjuk rasa menuntut dihapusnya Peraturan Pemerintah (PP) No78 /2015.

Aksi dilakukan karena pada hari ini, Selasa (21/21) Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sedianya akan menetapkan besaran upah buruh tingkat Kota dan Kabupaten. Buruh bergerak dengan satu tujuan, agar Aher, panggilan akrab untuk Ahmad Heryawan tidak penetapkan upah pekerja dengan mengacu pada PP 78.

Berdasarkan pantauan, massa mulai berdatangan ke depan Gedung Sate Jl Diponegoro No22 sekitar pukul 11.00 WIB. Didepan Kantor Pemprov Jabar massa buruh selanjutnya menyuarakan tuntutannya.

Salah seorang orator dalam aksinya mengatakan ada beberapa tuntutan yang ingin disampaikan buruh, pada intinya meminta kelaikan upah. Meminta gubernur menetapkan UMK 2018 tidak mengacu formula pasal 44 PP 78.

“Jangan menetapkan UMK menggunakan formula PP 78. Karena itu tidak adil bagi buruh. Harus ada penyesuaian upah yang disuaikan dengan kebutuhan,” kata salah seorang orator.

Beberapa saat kemudian, beberapa komponen buruh lain juga melakukan aksi yang sama di depan Gedung DPRD Jabar yang lokasinya tidak berjauhan dari Gedung Sate Jl Diponegoro No27, Bandung. (Ris)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.