Rabu, 02 Desember 2020

Intel Hentikan Dukungan “Legacy Boot” pada BIOS di 2020

Intel Hentikan Dukungan “Legacy Boot” pada BIOS di 2020

Foto: Perbedaan UEFI dari beberapa versi. (dok. Brian Richardson /Intel Corporation)

Taipei, Swamedium.com — Perusahaan raksaksa elektronik semi konduktor Intel berencana akan menghentikan dukungan “Legacy Boot” pada BIOS komputer di seluruh dunia, termasuk server yang berada di dalam pusat data.

Seperti yang dilansir dari Liliputing, salah satu dari karyawan Intel Corporation Brian Richardson menyampaikan saat acara UEFI Plugfest 2017 di Taipei, Taiwan. Ia mengatakan Intel akan menggunakan UEFI versi tiga keatas pada BIOS yang nantinya akan mulai diproduksi pada tahun 2020. Dimana UEFI versi tiga tersebut bukan berarti mengabaikan dukungan Legacy Boot, akan tetapi penggunaan UEFI versi tiga tersebut memiliki fitur untuk mematikan “Secure Boot”. Sehingga Anda tetap bisa menjalankan sistem operasi yang belum terverifikasi.

Imbas dari diterapkannya sistem UEFI versi tiga tersebut adalah Anda tidak dimungkinkan untuk tetap dapat menjalankan sistem operasi lawas seperti Windows XP milik Microsoft. Adapun menurut liliputing, jika Anda ingin menjalankan sistem operasi lawas seperti GNU/Linux masih bisa dimungkinkan. (*/rk)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.