Senin, 23 November 2020

Kans Demiz-Syaikhu Kembali Menguat di Pilgub Jabar

Kans Demiz-Syaikhu Kembali Menguat di Pilgub Jabar

Foto: Pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu yang digadang-gadang bakal diusung koalisi PKS-Gerindra. (Dok. Demiz-Syaikhu)

Bandung, Swamedium.com — Kans duet Deddy Mizwar-Akhmad Syaikhu (Demiz-Syaikhu) kembali menguat usai Demiz mendapat dukungan dari PAN, Demokrat, dan PKS untuk maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jawa Barat 2018. Padahal, pasangan Demiz-Syaikhu sempat berada dalam ketidakpastian setelah Gerindra mencabut dukungan.

Ketua Harian DPW PAN Jawa Barat Hasbullah Rahmad mengungkapkan bahwa sudah dilakukan pertemuan antara ketiga partai itu guna membahas sosok cawagub pendamping Demiz. Dia mengatakan, hanya satu nama cawagub yang menguat dalam pembahasan, yaitu Akhmad Syaikhu.

“Semalam juga diskusi tentang pendamping Kang Demiz. Memang dalam analisa kawan-kawan pengusung, sampai sekarang terlihat masih Pak Syaikhu yang kalau bicara urutan masih di posisi urutan teratas (peluang jadi cawagub),” kata Hasbullah, Selasa (21/11).

Hasbullah kemudian menuturkan, kalau dalam pertemuan itu, partainya memposisikan diri sebagai partai pengusung Demiz.

“Begitu juga dengan Demokrat (sebagai partai pengusung Demiz). Sementara PKS berada dalam posisi mengusulkan Syaikhu sebagai cawagub,” tuturnya.

“PAN tidak dalam rangka memperebutkan posisi cawagub,” imbuhnya.

Terkait soal dukungan Gerindra, Hasbullah mengatakan pihaknya akan mengajak partai besutan Prabowo itu untuk bergabung. Dirinya juga mempersilakan partai lainnya jika ingin merapat, namun dia menegaskan, ada ketentuan yang tidak bisa diubah.

“Kita terbuka. Kalaupun ada yang ingin gabung, silakan, kita duduk bareng. Tapi sudah jelas kemauan koalisi kita, bahwa cagub kita sudah final (Demiz),” tegasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.