Sabtu, 28 November 2020

Pangdam III Siliwangi Ingatkan Harus Ada Upaya Komprehensif Tangani Citarum

Pangdam III Siliwangi Ingatkan Harus Ada Upaya Komprehensif Tangani Citarum

Foto: Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Munardo saat menerima tongkat komando dari Kasad Jenderal TNI Mulyono di Makodam III/Siliwangi, Selasa (14/11), lalu. (Ariesmen/swamedium

Bandung, Swamedium.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Munardo ingin ada upaya yang komprehensif dalam menangani Sungai Citarum. Upaya yang sudah ada harus dilanjutkan, dengan perbaikan disana-sini.

Doni yang baru menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi per 14 November lalu mengatakan TNI sudah menjalin kerjasama Pemprov Jabar untuk membersihkan Citarum, terhitung sejak Januari 2015 lalu.

“Sangat disayangkan, dibersihkan kotor lagi, dibersihkan kotor lagi. Kalau begitu terus berapa banyak uang dan dana yang harus dikucurkan,” kata Doni saat diskusi bertajuk Gunung Leuweung Ulah Dirusak Cai Beak Manusia Balangsak di Makodam III/Siliwangi Jl Aceh, Bandung, Senin (20/11).

Oleh karenanya, tegas Doni harus ada upaya yang lebih komprehensif dalam menangani Citarum, agar hal tersebut di atas tidak terulang kembali.

“Untuk menata, kita tidak hanya sekedar menata sungai Citarum. Harus bisa membuat sebuah sistem. Sehingga energi yang kita keluarkan tidak sia-sia,” tegasnya.

Dijelaskan Doni, dampak yang akan ditimbulkan kalau Citarum terus tercemar sebagai sumber pangan nasional.

Mengingat, berdasarkan laporan, 9 sampai 10 persen kawasan yang dialiri Citarum merupakan produsen padi nasional.

“Jadi kalau kita memproduksi padi setiap tahun 2,5 ton mungkin lebih, itu sama dengan 200 juta kilogram untuk masyarakat. Kalau tercemar berapa banyak anak bangsa yang jadi korban?,” ujarnya.

Selain itu, tambah Doni, apabila hulu sungai tercemar, pastinya akan berdampak luas ke berbagai daerah yang dilintasi aliran sungai Citarum. Termasuk, Jakarta yang letakknya bersebelahan dengan Jabar.

“Jangka panjang, air di Jakarta cepat atau lambat pasti akan mengalami pencemaran,” paparnya.

Ditegaskan Doni, Kodam III/Siliwangi berkomitmen untuk terus membersihkan Citarum. Oleh karenanya semua pihak harus bersatu-padu mencari pola baru agar tidak ada lagi pencemaran di Citarum.

“Ekosistem dan sumber air harus betul-betul diperhatikan, sehingga memberikan yang terbaik bagi kita,” katanya.

Kodam, tegas Doni siap bekerja sama dan melanjutkan program kerja sebelumnya, tentu dengan perbaikan disana-sini. (Ris)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.