Selasa, 24 November 2020

Tak Selesai di Era Jokowi-Ahok, Sandiaga Siap Selesaikan 15 Koridor Transjakarta

Tak Selesai di Era Jokowi-Ahok, Sandiaga Siap Selesaikan 15 Koridor Transjakarta

Foto: Bertemu Sutiyoso, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan siap menyelesaikan 15 koridor Transjakarta. (Dok. Pemprov DKI)

Jakarta, Swamedium.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memperoleh kehormatan usai undangan forum silaturahim antar Gubernur DKI Jakarta dipenuhi mantan Gubernur Sutiyoso atau kerap disapa Bang Yos.

Sandi dan Bang Yos kemudian menggelar pertemuan tertutup membahas beberapa kebijakan termasuk Transjakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (21/11).

“Banyak sekali yang Bang Yos sampaikan tadi. Bernostalgia dan juga kebijakan-kebijakan yang Bang Yos berikan termasuk yang masih memiliki legacy seperti sekarang yaitu Transjakarta. Bang Yos ini adalah kreator, inisiator dan bapak dari Transjakarta,” terang Sandi.

Sandi pun kemudian menjelaskan pos untuk Transjakarta dianggarkan lebih dari tiga Triliun. Selama kepemimpinan Bang Yos, sambungnya, telah dibangun 10 koridor transjakarta dalam 10 tahun.

“Bang Yos mengharapkan rencana 15 koridor itu bisa diselesaikan di kepemimpinan ini,” ungkap Sandi.

Selain itu, Sandi menyampaikan forum silaturahim dengan Gubernur DKI sebelumnya akan menjadi forum rutin untuk bertukar wawasan dan informasi terkait kemajuan Jakarta.

“Gubernur dan Wakil Gubernur jaman now mesti banyak belajar dari yang jaman old. Dan Kami harapkan silaturahim ini akan membawa kebaikan untuk Jakarta,” tutupnya.

Diketahui, Transjakarta yang digagas mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso direncanakan hingga 15 koridor. Sutiyoso berharap suksesornya saat itu, Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Basuki T Purnama (Ahok) bisa menyelesaikan target Transjakarta.

“Jadi orientasinya adalah segera mungkin jaringan itu dibentuk. Kan busway sudah 11 koridor tinggal 4. Saya berharap Jokowi-Ahok bisa menyelesaikan 4 koridor,” kata Bang Yos, di Jakarta, Selasa (15/01/2013) lalu seperti dikutip Detik.

“Jadi saya sangat berharap di zaman pemerintahan gubernur ini (Jokowi-Ahok) semua jadi tuntas karena pas. Jadi saya sarankan fokus ke situ (bangun sistem angkutan massal). Berturut-turut baru peraturan kita keluarkan,” imbuh Bang Yos.

Sementara Ahok, saat itu menargetkan pembangunan 15 koridor Transjakarta dapat selesai dalam dua tahun. Menurut dia, tahun 2014, tender untuk proyek tersebut akan dimulai.

“Enggak dong. Kan targetnya dua tahun ini. Mulai tender tahun depan 15 koridor selesai,” ujar Ahok di Belitung Timur, Minggu (15/9/2013) seperti dilansir Merdeka.

Akhirnya, sebanyak 15 koridor Transjakarta tidak sempat terselesaikan dalam periode Gubernur DKI 2012-2017 dan ‘diwariskan’ ke Anies-Sandi, lantaran Gubernur DKI saat itu, Joko Widodo fokus dalam kontestasi Pilpres 2014 yang dilanjutkan penerusnya, Ahok harus tersangkut kasus hukum terkait penistaan agama. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.