Senin, 23 November 2020

Pendaftaran Cagub Jalur Independen di Jatim Sepi Peminat

Pendaftaran Cagub Jalur Independen di Jatim Sepi Peminat

Foto: Pasca dibuka pendaftaran calon gubernur Jawa timur jalur independen belum ada tanda-tanda ada peminat untuk mendaftar. (Triwahyudi Ari/swamedium).

Surabaya, Swamedium.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim membuka pendaftaran bagi masyarakat yang memiliki keinginan untuk maju di Pilgub Jatim dari jalur independen. Pendaftaran dibuka pada tanggal 22 November hingga 26 November mendatang.

Namun demikian, pasca dibuka pendaftaran, hingga saat ini belum ada tanda-tanda ada peminat untuk mendaftar di jalur independen tersebut.

Komisioner KPU Jatim, Khoirul Anam mengatakan untuk bisa lolos menjadi calon gubernur dari jalur independen pihaknya mensyaratkan minila 6,5 persen dukungan dari DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang terakhir.

“Dari data yang ada DPT terakhir 30.963.078 orang dikali 6,5 persen hasilnya 2.012.601 orang. Setidaknya harus memiliki sebaran minimal di 20 kabupaten/kota di Jatim,”ungkap mantan komisioner KPU kota Surabaya, Kamis (23/11).

Anam mengatakan untuk verifikasi factual jika ada yang mendaftar, rencananya akan dilakukan setelah pendaftaran ditutup.

”Pendaftaran ditutup dan verifikasi faktual kami lakukan tanggal 27 November hingga 5 Desember mendatang,” tutupnya. (Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.