Selasa, 01 Desember 2020

PT KAI Targetkan Kantongi Pendapatan Rp 122 M dari Kereta Bandara Soeta

PT KAI Targetkan Kantongi Pendapatan Rp 122 M dari Kereta Bandara Soeta

Foto. Kereta Api Bandara Soekarno Hatta akan mulai beroperasi dengan tarif resmi pada 2 Januari 2018. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Proyek Kereta Bandara Soekarno-Hatta (KA Basoetta) sudah hampir rampung dan siap beroperasi pada 1 Desember. PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menargetkan bisa meraup pendapatan dari KA Basoetta sebesar Rp 122 miliar di 2018 dan naik jadi Rp 557 miliar di 2019.

Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo mengatakan, proses pembangunan prasarana KA Basoetta akan rampung pada 25 November 2017. Setelah itu akan dilakukan uji coba.
Saat operasi uji coba, ungkap dia, KA Basoetta akan digratiskan hingga akhir tahun ini. Sehingga masyarakat umum bisa menjajal KA Basoetta tanpa mengeluarkan uang sebelum beroperasi secara normal di awal 2018.

“Kita akan lakukan seperti itu. Bisa sebulan sampai akhir tahun,” tuturnya di gedung Bursa Efek Indonesia yang dirilis detik.com.

Untuk tarifnya, saat ini KAI dan Railink masih mengkajinya. Namun dia menegaskan tarifnya akan lebih murah dari taksi biasa menuju Bandara Soetta, atau kurang dari Rp 100 ribu.

“Belum ditetapkan tapi kajiannya antara Rp 75-100 ribu. Sekarang kalau kita naik taksi tuh dari bandara (Soetta) ke sini kan di atas Rp 100 ribu,” tambahnya.

Didiek menjelaskan, nantinya KA Basoetta akan beroperasi 80 kali pulang pergi dalam sehari mulai pukul 04.00 – 0.00 WIB dengan waktu tempuh kurang lebih 57 menit. Adapun rute perjalanan KA Basoeta sebagai berikut ini;

Dari Jakarta Ke Bandara Soekarno Hatta => Stasiun Utama Manggarai => Stasiun Sudirman Baru => Stasiun Duri => Stasiun Batu Ceper =>Bandara Soekarno Hatta.

Dari Bandara Soekarno Hatta ke Jakarta => Stasiun Bandara Soekarno Hatta => Stasiun Batu Ceper => Stasiun Duri => Stasiun Sudirman Baru => Stasiun Manggarai , dari Stasiun Manggarai penumpang dapat transit dan melanjutkan perjalanan dengan kereta tujuan lainnya, seperti tujuan Bekasi ataupun ke Bogor. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.