Jumat, 27 November 2020

Gandeng Azbil, Sandiaga Ingin Wujudkan Jakarta Green City

Gandeng Azbil, Sandiaga Ingin Wujudkan Jakarta Green City

Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. (Dok. Pemprov DKI)

Jakarta, Swamedium.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan siap bekerja sama dengan PT Azbil Berca Indonesia yang bergerak di bidang otomasi dan penghematan energi. Ia menuturkan tujuannya agar Jakarta bukan hanya dikenal sebagai smart city tetapi juga green city.

“Pengalaman saya waktu masuk Balai Kota 16 Oktober, di hari kedua 17 Oktober saya merasakan kedinginan sekali. Karena AC-nya itu dingin sekali. Dan untuk dikurangi itu memerlukan waktu karena AC-nya central. Jadi saya menghubungi teman-teman di Azbil. Saya bilang bisakah kita lihat kemungkinan diaudit penggunaan energi di Balai Kota karena kita ingin penghematan energi,” papar Sandi usai menggelar rapat bersama PT Azbil di Balai Kota, Jumat (24/11).

Atas dasar pengalamannya sebagai pengusaha, Wagub menilai pemakaian anggaran dapat dihemat melalui efektivitas penggunaan energi. Apalagi menurutnya, gedung-gedung di bawah Pemprov DKI Jakarta seperti kantor, sekolah, dan fasilitas publik lainnya dapat menelan biaya puluhan hingga ratusan miliar rupiah untuk pembiayaan energi.

“Berdasarkan pengalaman dari teman teman di Azbil, Pak Dirut tadi sampaikan ke saya, penggunaan biaya energi itu bisa turun 20 sampai 30 persen. Berarti ini penghematan yang sangat luar biasa,” ucap Wagub.

Mengenai mekanisme pembiayaan, Wagub menjelaskan akan menjalin kemitraan dengan PT Azbil sehingga tidak akan menambah pos anggaran baru. Melalui sistem kerja sama kemitraan, Wagub menguraikan Pemprov DKI akan mendapatkan keuntungan dengan penghematan energi, sedangkan PT Azbil akan mendapatkan pembayaran dari penghematan energi yang telah dilakukan khususnya dari pengurangan tagihan biaya listrik. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.