Jumat, 04 Desember 2020

Investor Asal China Minat Danai Proyek Tol Padang-Pekanbaru

Investor Asal China Minat Danai Proyek Tol Padang-Pekanbaru

Foto. Pemerintah kembali mengundang investor untuk membiayai proyek ruas tol Padang-Bukit Tinggi - Pekan Baru. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Pemerintah sedang mengundang investor untuk mendanai salah satu ruas tol Trans Sumatera. Selain di Cisamdawu, investor asal China juga tertarik untuk mendanai pembangunan tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru sepanjang 240 km. Pembangunan jalan tol tersebut akan dimulai pada 2018.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setyadi Moerwanto, mengatakan, selain tol Cisamdawu, China juga mengincar beberapa proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan pemerintah. Khusus untuk proyek jalan tol, Arie mengatakan China juga tertarik untuk mendanai pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru.

“Banyak yang ditawarkan. Sumber Daya Air dan lain-lain juga. Salah satunya yang mereka (China) inginkan untuk di Tol Padang-Pekanbaru. Di sana juga ada pekerjaan tunnel kan. Mereka juga ingin kerjakan,” ungkapnya di Kantor Bina Marga, Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (24/11) yang dirilis merdeka.com.

Selain China, menurutnya, Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA) juga tertarik mendanai pembangunan jalan tol Trans Sumatera tersebut.

Meskipun begitu, pemerintah belum bisa menentukan siapa akan mendanai salah satu ruas tol Trans Sumatera tersebut. “Boleh saja mereka menawarkan. Tapi kan banyak juga negara-negara lain berminat. Jepang kan juga pengen. Nanti kita kompetisikan mana yang paling menguntungkan buat Indonesia,” jelasnya. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.