Jumat, 27 November 2020

Klaim Air Kesehatan Kangen Water Ternyata ‘Hoax’

Klaim Air Kesehatan Kangen Water Ternyata ‘Hoax’

Foto. Kementerian Kesehatan memperingatkan produsen Kangen Water karena menyebar hoax soal klaim kesehatan air. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Informasi tentang klaim kesehatan air alkali yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water yang beredar di masyarakat ternyata hanya hoax atau tipu-tipu. Direktur Pengawasan dan PKRT Kementerian Kesehatan RI minta PT Enagic Indonesia selaku produsen Kangen Water menarik semua brosur yang berisi informasi menyesatkan tersebut.

Sebelumnya, Warganet heboh setelah ada yang memposting surat dari Direktur Pengawasan dan PKRT Kementerian Kesehatan RI yang dilayangkan ke PT Enagic Indonesia pada 10 November 2017.

Sebagaimana dilansir laman blogdokter.net, Kemnenterian Kesehatan RI dalam suratnya minta PT Enagic Indonesia selaku produsen mesin Kangen Water untuk melakukan tiga hal:

1. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water yang “telah diakui negara” (Kementerian Kesehatan RI).

2. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai “medical device”.

3. Tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi (water elekrtolisis) sebagai produk yang dapat “menyehatkan dan/atau menyembuhkan”

Menurut blogdokter.net, Kangen Water yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit adalah air alkali yang bila diminum akan sama saja dengan air biasa. Setelah mencapai lambung, air alkali ini akan diasamkan oleh asam lambung sehingga PH-nya akan kembali netral.

Untuk kasus kasus tertentu seperti pada penderita maag, jelasnya, air alkali justru memiliki efek buruk yakni merangsang produksi asam lambung yang berlebihan sehingga menyebabkan penyakit maag bertambah parah.

Klaim yang mengatakan setelah minum air alkali akan menyebabkan air kencing menjadi basa dinilai bohong besar. Bagaimana bisa air alkali yang sudah diasamkan oleh asam lambung bisa kembali jadi alkali setelah tiba di ginjal? Pada penderita penyakit ginjal, terutama batu saluran kemih memang membutuhkan air kencing yang basa, tetapi caranya bukan dengan minum air alkali.

Menurut beberapa testimoni, banyak yang mengatakan bahwa mereka sembuh setelah minum air alkali. Dalam dunia medis ini disebut dengan istilah “Placebo Effect” yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa awam disebut dengan istilah sugesti. Dulu pernah ada cerita, orang bisa sembuh dengan minum air yang dicelupkan batu oleh Ponari, manfaat menyembuhkan dari air alkali mirip seperti itu.

Dengan dikeluarkannya BAP dari Kemenkes RI ini, para dokter itu berharap agar masyarakat lebih waspada terhadap penipuan atau hoax yang mengatasnamakan kesehatan.

Dalam situsnya www.kangenwater.co.id dijelaskan bahwa Kangen Water adalah air yang dihasilkan dari mesin ionisasi air Kangen Water buatan perusahaan Enagic Kangen Water Jepang. Dengan menggunakan teknologi canggih yang dinamakan proses elektrolisis, mesin Kangen Water sanggup merestrukturisasi air biasa dan mengubahnya menjadi air yang bersifat alkali, kaya akan antioksidan dan cepat diserap oleh tubuh. Air Kangen ini fungsinya ditujukan untuk menggantikan air minum yang biasa anda konsumsi sehari-hari.

Terbius oleh klaim tersebut, banyak masyarakat bersedia membayar mahal air yang per liternya dijual bisa mencapai Rp 20 ribu itu. Bahkan harga mesinnya pun relatif mahal, mulai Rp 25 juta – Rp 68,7 juta, tergantung tipenya. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.