Jumat, 27 November 2020

Komisi II Minta Kemendagri Siapkan Suket untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2018

Komisi II Minta Kemendagri Siapkan Suket untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2018

Foto: Ketua Pansus RUU Pemilu M. Lukman Edy. (Jamal/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Banyaknya pemilih pemula jelang Pilkada Serentak 2018 membuat Komisi II DPR RI meminta kepada Mendagri untuk menyiapkan surat keterangan (suket).

“Pertama kita minta supaya e-KTP, segera diperbaiki dan tetap dikoordinasikan dengan daerah. Karena ketika kita kunker banyak temuan gagal cetak, mesin rusak dan lainnya. Salah satu solusinya adalah berkoordinasi dengan pemda soal perawatan alat di daerah, kalau blangko udah maksimal,” ujar Wakil Ketua Komisi II Lukman Edy saat dihubungi, Jumat (24/11/2017).

Kedua, Komisi II meminta Kementerian Dalam Negeri untuk segera mempersiapkan surat keterangan pengganti identitas (SKPI). Hal tersebut untuk memverifikasi pemilih pemula.

“Kedua, kita minta Mendagri segera membuat surat keterangan pengganti identitas, dalam rangka untuk mengantisipasi keputusan MK dan PKPU yang baru berkenaan dengan pemilih pemula yang masih berusia 16 tahun tetapi pada tanggal 27 Juni nanti sudah usia 17 tahun dan pada tanggal 7 april 2019 ketika pemilu juga berusia 17 tahun,” jelasnya. (dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.