Minggu, 22 November 2020

Sampai 31 Desember, Tarif Kereta Bandara Soetta Rp 30 Ribu

Sampai 31 Desember, Tarif Kereta Bandara Soetta Rp 30 Ribu

Foto. Kereta Bandara Soekarno Hatta siap uji coba pada 1 Desember dan resmi beroperasi 1 Januari 2018. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Tarif Kereta Api Bandara Soekarno Hatta (KA. Bandara Soeta) dipatok sebesar Rp 30.000 yang berlaku selama masa uji coba, yaitu periode 1 Desember-31 Desember 2017. Setelah 1 Januari 2018, tarif KA. Bandara Soeta akan menjadi Rp 100 ribu per penumpang.

“Tarif ada dua tahap, yaitu ditentukan sebesar Rp 30 ribu yang berlaku sampai 31 Desember, kemudian sambil sosialisasi akan ditentukan tarif sebesar Rp 100 ribu per penumpang yang berlaku mulai 1 Januari 2018,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pengoperasian Kereta Bandara di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Kamis (23/11).

Dalam uji coba pertama jalur baru (new track) dari Stasiun Batu Ceper ke Bandara, Budi menjelaskan Kereta Bandara sebenarnya sudah bisa beroperasi 25 November 2017. Namun diundur mengikuti jadwal Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan akan meresmikan antara 1-3 Desember 2017.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan telah menyiapkan 10 rangkaian KA Bandara Soekarno-Hatta dengan 82 perjalanan dan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. Satu rangkaian terdiri atas enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

Jadwal kereta pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.21 WIB dan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 04.18 WIB, sedangkan untuk perjalanan terakhir pada pukul 22.51 WIB di Stasiun Sudirman Baru dan sampai di Bandara Soetta pukul 23.48 WIB.

Rentang waktu kedatangan kereta, yaitu setiap 30 menit sekali, sedangkan waktu tempuh diperkirakan 45 menit dari Sudirman Baru sampai Bandara Soetta. “Kita berhenti hanya di Stasiun Duri tapi tidak melayani penumpanang. Secara operasional harus berhenti karena masinis ganti kabin. Kami alokasikan lima sampai delapan menit kehilangan waktu untuk alasan operasional,” ungkapnya.

KA Bandara Soeta ini nantinya akan melayani penumpang di lima stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. “Pada awal operasional kami hanya melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta,” kata Heru.

Untuk pemesanan tiket, Heru mengatakan telah mengembangkan sistem sendiri dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS). Sistem transaksi tiket dilakukan secara non-tunai melalui aplikasi, pemesanan daring (internet booking) dan mesin penjualan (vending machine).

“Vending machine telah kami siapkan di masing- masing stasiun, kemudian untuk mobile aplikasi dan internet booking akan kami rilis pada hari peresmian KA Bandara Soekarno-Hatta nanti,” tuturnya. (*/maida)

Sumber : Antaranews

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.