Minggu, 29 November 2020

Selesaikan Kasus Viktor Laiskodat, Polri Gandeng DPR

Selesaikan Kasus Viktor Laiskodat, Polri Gandeng DPR

Foto: Kepala Biro Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Rikwanto (yoga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Polri akan melakukan koordinasi dengan pihak DPR RI terkait pidato Ketua Fraksi Partai Nasdem, Viktor Laiskodat yang mengandung ujaran kebencian saat berpidato di Nusa Tenggara Timur pada Selasa, 1 Agustus 2017 lalu.

“Kita melakukan upaya koordinasi dengan pihak DPR RI dalam hal ini dalam kaitan undang-undang MD3. yang di situ ada Majelis Kehormatan Dewan (MKD),” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto di Mabes Polri, Jumat (24/11).

Dalam hal ini pihak kepolisian meminta kepada MKD untuk melakukan sidang untuk bisa menyatakan apakah ucapan Viktor saat berpidato tersebut adalah untuk kepentingan pribadi atau sebagai wakil rakyat.

“Kita mintakan salah satu kegiatan selanjutnya adalah adanya sidang ya di Majelis Kehormatan Dewan yang bisa menyatakan apakah pernyataan saudara Viktor kaitan pribadi atau dalam kaitan sebagai anggota DPR,” jelasnya.

Rikwanto menjelaskan, kepolisian dalam menyelidiki suatu kasus selalu berkoordinasi dengan institusi lain yang terkait dengan materi kasus yang ada.

“Seperti ada kasus malpraktek kita minta keterangan dari IDI Ikatan Dokter Indonesia, seperti tiga kasus kasus yang terjadi dalam kaitan sekitar pemberitaan,” tambahnya.

“Ada jurnalis wartawan yang dilaporkan dalam kaitan kasus tertentu atau pemberitaam. Kita lakukan koordinasi dengan Dewan Pers. untuk dilakukan dulu pendalaman di dewan pers. bisa jadi sampai sidang di dewan pers disampaikan ke penyidik,” lanjutnya.

“Dalam hal ini pihak kepolisian memerlukan tahapan dalam mengungkapk kasus Viktor tersebut. “Jadi proses itu sesuatu yang memang tahapan yang harus dilakukan,” pungkasnya. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.