Selasa, 24 November 2020

KPAI: Selamat Hari Guru, Jadilah Pendidik Anak-anak Zaman Now

KPAI: Selamat Hari Guru, Jadilah Pendidik Anak-anak Zaman Now

Foto: Ilustrasi. (ist)

Oleh: Jasra Putra*

Jakarta, Swamedium.com — Guru adalah salah satu penentu arah peradaban bangsa dalam memajukan dan meningkatkan mutu sumber daya manusia disuatu negara agar generasi bangsa bisa produktif dan bersaing secara nasional dan internasional.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini tentu peluang besar bagi guru untuk bisa melakukan inovasi, strategi dan teknik pengajaran bagi peserta didik zaman now.Sehingga modal besar kepercayaan murid kepada guru bisa berkolaborasi dan bertransformatif positif untuk kemajuan peserta didik dan dunia pendidikan.

Di sisi lain tantangan kemajuan tersebut juga berimbas terhadap perubahan perilaku siswa dan school system yg melahirkan kekerasan terhadap anak baik sebagai pelaku maupun korban dan termasuk kekerasan yang dilakukan oleh guru dan tenaga kependidikan.

Setidaknya 2875 kasus pendidikan yang masuk dalam laporan pengaduan KPAI dalam 7 tahun terakhir data ini mungkin masih banyak yang belum terlaporkan, masih teringat bagi kita video viral yang menghebohkan dunia pendidikan tanah air dan kejadian ini di daerah Pontianak, kasus kekerasan anak dengan temannya, kemudian video terbaru kekerasan guru menampar murid dan dihukum push up di Banten dan kasus lainnya yang terus berlangsung baik pisik maupun psikis.

Dalam hari guru yang sangat mulia ini:

Pertama, profesionalitas guru perlu ditingkatkan agar bisa menghadirkan kultur sekolah ramah anak, sebuah upaya deteksi dini agar kekerasan dalam satuan pendidikan tidak terulang.Tentu kita minta lembaga perguruan tinggi yang menghasilkan sarjana calon para guru untuk memastikan kualitas lulusanya bisa diharapkan untuk peserta didik zaman now.

Kedua, perlu kerjasama dan koordinasi yang kuat antar pusat dan daerah terkait distribusi guru yang merata terutama daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) yang masih kekurangan guru. Sehingga hak pendidikan untuk semua anak bisa mereka peroleh secara baik,

Ketiga, perlu dilakukan pengembangan karakter guru menjadi pendidik yang memiliki kepribadian yang bisa ditauladani oleh peserta didik, masyarakat dan bangsa, peningkatan dan pengembangan keterampilan pedagogik, wawasan keilmuan serta berkarya ilmiah.

Maka untuk mencapai itu juga pemerintah harus memiliki komitmen yang kuat dalam melakukan program pemberdayaan guru termasuk memperhatikan soal kesejahteraanya. (*/ls)

*Penulis adalah Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.