Sabtu, 06 Juni 2020

Lebih dari 200 Tewas, Dubes RI: Tiada WNI Korban Serangan Masjid di Mesir

Lebih dari 200 Tewas, Dubes RI: Tiada WNI Korban Serangan Masjid di Mesir

Para korban serangan teroris tampak berdarah dan diselimuti di dalam Masjid Al Rawdah, Mesir, Jumat (24/11). (stringer/AFP)

Kairo, Swamedium.com — Serangan terhadap Masjid Al Rawdah di Bir al-Abed, sebelah barat Kota Arish, telah menewaskan lebih dari 200 orang.

Peristiwa itu terjadi ketika umat Muslim di sana sedang menunaikan ibadah shalat Jumat di dalam Masjid. Tiba-tiba sekelompok orang melemparkan bom rakitan, lalu menembaki jamaah.

Bahkan, kelompok teroris itu menembaki beberapa ambulans yang datang untuk mengevakuasi para korban menurut keterangan media Mesir dan kesaksian warga setempat.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan biadab dan pengecut itu, termasuk ISIS.

Sejak 2014, pasukan keamanan Mesir bertempur dengan ISIS di gurun Semenanjung Sinai. Ratusan petugas, baik tentara maupun polisi, Mesir tewas dalam pertempuran itu.

Media Mesir menunjukkan gambar-gambar para korban yang berdarah-darah, ditutupi dengan selimut di dalam Masjid.

Saat televisi negara dan kantor berita Mena melaporkan korban tewas berjumlah 184 orang, terdapat 125 korban yang terluka. Laporan terakhir dari Reuters menyebutkan, jumlah korban tewas sudah lebih dari 200 orang.

“Mereka menembaki orang-orang ketika mereka meninggalkan Masjid,” kata seorang warga yang kerabatnya berada di lokasi kejadian kepada Reuters. “Mereka menembaki ambulans-ambulans juga.”

Kanal berita Arabiya dan beberapa narasumber lokal mengungkapkan, sebagian jamaah shalat Jumat di masjid itu ialah orang-orang sufi. Kelompok-kelompok garis keras, seperti ISIS, menilai mereka telah murtad karena mengultuskan tokoh-tokoh agama dan tempat-tempat suci seperti memuja berhala-berhala.

Pemerintah Mesir mengumumkan tiga hari masa berkabung atas peristiwa berdarah ini.

“Berdasarkan pemantauan KBRI Kairo dan pelacakan melalui sumber keamanan Mesir, sejauh ini diperoleh informasi, tak ada WNI yang menjadi korban serangan tersebut,” kata duta besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzi, Jumat (24/11).

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.