Sabtu, 06 Juni 2020

Militer Mesir Akui Tewaskan Para Pelaku Penyerangan Masjid Al Rawdah di Mesir

Militer Mesir Akui Tewaskan Para Pelaku Penyerangan Masjid Al Rawdah di Mesir

Kairo, Swamedium.com — Pihak militer Mesir menyatakan telah menemukan dan menewaskan para pelaku penyerangan Masjid Al Rawdah.

Kantor berita negara melaporkan, jumlah korban tewas meningkat hingga 305 orang, termasuk 27 anak-anak. Sementara itu, 128 orang yang lainnya terluka menurut kantor berita Mena.

Presiden Mesir segera bereaksi atas serangan teroris terhadap jamaah shalat Jumat di Masjid Al Rawdah di Bir al-Abed, sebelah barat Kota Arish, Semenanjung Sinai bagian utara.

Presiden Abdel Fatah al-Sisi mengadakan rapat darurat. Ia memerintahkan pihak keamanan Mesir untuk menemukan dan menyerang para pelaku.

“Pasukan bersenjata dan polisi akan membalas untuk para martir dan memulihkan keamanan dan stabilitas dengan kekuatan maksimal,” kata Sisi.

Pihak militer Mesir melancarkan beberapa serangan udara di area pegunungan di sekitar Bir al-Abed beberapa jam setelah serangan Masjid Al Rawdah menurut keterangan beberapa narasumber dari pihak keamanan dan warga kepada Reuters.

Seorang narasumber dari militer Mesir mengklaim, satu serangan udara menewaskan beberapa pelaku teror Masjid Al Rawdah.

Jumat (24/11) malam, juru bicara militer Mesir, Tamer Rifai, menyatakan bahwa angkatan udara Mesir mengejar para penyerang Masjid Al Rawdah yang berkendara empat mobil 4WD.

“Angkatan udara mengejar para teroris, menemukannya, dan menghancurkan sejumlah kendaraan yang terlibat dalam serangan brutal teroris,” ujar Tamer.

Kelompok bersenjata yang menyerang Masjid membawa satu bendera ISIS menurut pernyataan pejabat Mesir, Sabtu (25/11).

“Mereka berusia antara 25 hingga 30 tahun, membawa bendera Daesh (ISIS), dan mengambil posisi di depan pintu serta 12 jendela Masjid dengan senapan otomatis,” ujar seorang jaksa Mesir dalam sebuah pernyataan.

Kelompok bersenjata itu mengenakan penutup wajah dan seragam ala militer, mengelilingi Masjid, berposisi di jendela-jendela dan pintu, lalu memberondong ke arah dalam Masjid dengan senapan otomatis menurut pernyataan kejaksaan yang menyelidiki dan mewawancarai para korban selamat yang terluka. (*/Pamungkas)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.