Sabtu, 28 November 2020

Pemilihan Ketua DPR, Fraksi Golkar Tunggu Perintah DPP

Pemilihan Ketua DPR, Fraksi Golkar Tunggu Perintah DPP

Foto: Ketua Fraksi Oartai Golkar Robert J Kardinal (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Ketua Fraksi Partai Golkar Robert J Kardinal menyerahkan pemilihan ketua DPR untuk menggantikan Setya Novanto pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

Menurutnya Fraksi Golkar hanya akan melaksanakan apa yang telah diputuskan oleh dewan pengurus partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Wah saya enggak dengar tuh (daftar nama calon pengganti Novanto). Kan diputuskannya di sini (DPP), bukan di sana (fraksi),” kata Robert di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (25/11).

“Enggak ada. Diputuskan di DPP. Jadi DPP putuskan, perintah fraksi untuk laksanakan,” sambungnya.

Robert menjelaskan, Fraksi Golkar tidak membahas apapun terkait nama calon pengganti Novanto. Meskipun para pimpinan dan semua fraksi di DPR menyerahkan keputusan Fraksi Golkar.

“Di sini (Fraksi) enggak dibahas, berarti enggak jadi. Mekanismenya begitu. Mekanismenya DPP yang rapat menentukan siapa, DPP perintahkan fraksi untuk laksanakan, kalau enggak ada itu, enggak ada,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam Undang-Undang (UU) MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3) pasal 87 bahwa mekanisme pengunduran diri dan pengangkatan ketua DPR harus dilakukan oleh partai yang bersangkutan. Dalam kasus ini Novanto yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar harus diputuskan mundur dan dicari penggantinya dari Partai Golkar tentunya sesuai dengan UU MD3 (*/DNg)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.