Selasa, 24 November 2020

Sandiaga: Transjakarta, Moda Transportasi Terintegrasi dan Aman

Sandiaga: Transjakarta, Moda Transportasi Terintegrasi dan Aman

Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Transjakarta adalah transportasi yang aman dan nyaman. (Dok, Pemprov DKI)

Banten, Swamedium.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta menjadi keynote speaker dalam seminar profesi keselamatan dan kesehatan kerja 2017 di Auditorium, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (24/11).

Seminar itu sendiri bertemakan Public Transportation Safety: Minimize Fatigue in the road, for a better Transjakarta (Keselamatan transportasi publik: meminimalisie kelelahan di jalan raya, untuk Transjakarta yang lebih baik).

“Transjakarta ingin memberi dukungan di daerah di sekitar Jakarta. Kita ingin membangun moda transportasi terintegrasi. Dan Transjakarta menjadi solusi bagi masyarakat di daerah jakarta atau daerah sekitar,” ucap Sandiaga mengawali pemaparannya.

Sandiaga kemudian menjelaskan terdapat tiga strategi Pemprov dalam membangun sistem transportasi Jakarta yang terintegrasi. Strategi tersebut secara berturut-turut adalah pengembangan angkutan umum massal, pembatasan lalu lintas, dan melalui peningkatan pelayanan publik.

Selanjutnya, Sandiaga menerangkan kebijakan Pemprov dalam meningkatkan keselamatan kerja di lingkungan Transjakarta. Supir Transjakarta, sebutnya, telah mendapatkan pelatihan agar tidak mengantuk dalam bekerja di jalan, diberikan waktu istirahat yang cukup termasuk untuk beribadah dan makan.

“Mereka (supir Transjakarta) telah dilatih pula untuk menangani kejadian darurat. Karena kita ingin membangun kultur bahwa keselamatan itu budaya,” tegasnya.

Sandiaga pun mengimbau agar masyarakat dapat membantu Pemprov dalam sektor transportasi publik Transjakarta melalui perilaku disiplin bagi pengendara pribadi dan pejalan kaki.

Ia berharap kasus kecelakaan, khususnya akibat pejalan kaki yang menyeberang sembarangan atau pengendara yang melalui jalan khusus Transjakarta, pada akhirnya dapat berkurang melalui kesadaran disiplin bersama. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.