Kamis, 03 Desember 2020

Serangan Masjid Al Rawdah di Mesir Serupa dengan Berbagai Serangan ISIS

Serangan Masjid Al Rawdah di Mesir Serupa dengan Berbagai Serangan ISIS

Kairo, Swamedium.com — Serangan teroris terhadap Masjid Al Rawdah, Jumat (24/11) siang, serupa dengan serangan-serangan ISIS sebelumnya.

Serangan itu berlangsung ketika jamaah Masjid sedang menunaikan ibadah shalat Jumat.

Para pelaku melemparkan bom rakitan, lalu menembaki jamaah Masjid.

Kantor berita negara melaporkan, jumlah korban tewas meningkat hingga 305 orang, termasuk 27 anak-anak. Sementara itu, 128 orang yang lainnya terluka menurut kantor berita Mena.

Timothy Kaldas, seorang profesor dari Universitas Nil, Kairo, Mesir, mengatakan kepada Al Jazeera, serangan itu serupa dengan pola serangan-serangan ISIS.

“Sangat mungkin, ini merupakan serangan lain (ISIS) terhadap para pengikut Sufi di Sinai bagian utara. Kemungkinan besar, ini adalah pembalasan terhadap suku-suku yang bekerja sama dengan Negara dalam memerangi ISIS,” ungkap Timothy.

Ia menyatakan, ISIS tanpa ragu-ragu menargetkan warga sipil, seperti serangan-serangan terhadap komunitas kristian Mesir pada tahun lalu.

Profesor itu mengungkapkan bahwa sebagian besar warga Mesir mengkritisi strategi pembumihangusan oleh Pemerintah di Sinai, tetapi ia pun mengakui bahwa area itu merupakan medan yang sangat menantang.

“Ini adalah area gurun pasir bergunung-gunung yang tidak terlalu berkembang. Bahkan, dengan strategi terbaik, ini merupakan tempat yang sulit dikendalikan,” terang Timothy.

Serangan Masjid Al Rawdah terjadi sehari sebelum pembukaan perlintasan Rafah, jalur keluar-masuk warga Palestina ke Mesir dan kembali ke Jalur Gaza.

Pembantaian jamaah shalat Jumat di Masjid Al Rawdah itu mendapat kecaman dari seluruh dunia, termasuk para pejabat negara. (*/Pamungkas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.