Rabu, 25 November 2020

Amerika Serikat Izinkan Kantor Organisasi Pembebasan Palestina Tetap Buka dengan Syarat

Amerika Serikat Izinkan Kantor Organisasi Pembebasan Palestina Tetap Buka dengan Syarat

Washington, Swamedium.com — Pemerintah Amerika Serikat mengatakan, Sabtu (25/11), kantor organisasi pembebasan Palestina (PLO) akan tetap buka dengan syarat Palestina menarik kembali tuntutan mereka kepada Mahkamah Pidana Internasional (ICC) untuk menyelidiki berbagai kejahatan kolonialis Israel.

Seorang pejabat kementerian dalam negeri AS mengatakan, Jumat (24/11), kantor PLO akan tetap buka, tetapi aktivitasnya terbatas untuk membarui pembicaraan damai dengan kolonialis Israel.

Putusan itu dinyatakan sepekan setelah pemerintah AS mengumumkan keinginannya menutup kantor PLO berdasarkan hukum AS yang menetapkan bahwa perwakilan Palestina akan ditutup jika Palestina berusaha mengambil langkah apa pun yang menentang kolonialis Israel melalui ICC.

Pada 2015, kongres AS mengabulkan undang-undang yang menetapkan bahwa perwakilan Palestina harus ditutup jika Palestina berusaha mendesak ICC agar menggelar investigasi terhadap berbagai kejahatan kolonialis Israel.

Dalam pidatonya di hadapan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada September 2017, Presiden Mahmoud Abbas mendesak ICC untuk menuntut pemerintah kolonialis Israel atas berbagai kejahatannya terhadap orang-orang Palestina.

Pemerintah AS yakin pernyataan Abbas itu menentang undang-undang 2015 tersebut. (Pamungkas)

Sumber: pusat informasi Palestina (PIC)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.