Senin, 23 November 2020

Penerbangan Bantuan Kemanusiaan Tiba di Sana’a, Yaman

Penerbangan Bantuan Kemanusiaan Tiba di Sana’a, Yaman

Sana’a, Swamedium.com — Penerbangan bantuan kemanusiaan pertama sejak koalisi pimpinan Arab Saudi memblokade Yaman telah mendarat di ibu kota Yaman, Sana’a, Sabtu (25/11).

Penerbangan Perserikatan Bangsa-Bangsa termasuk dalam penerbangan bantuan kemanusiaan itu. PBB membawa 1,9 juta dosis vaksin, Sabtu (25/11) pagi, menurut Meritxell Relano, seorang perwakilan Unicef di Yaman, yang diungkapkannya pada akun Twitter.

Tiga pesawat yang mengangkut para petugas PBB dan staf palang merah internasional pun tiba, lapor AFP.

Koalisi memblokade area-area yang dikuasai oleh pemberontak syi’ah Hutsi Yaman pada 6 November, dua hari setelah pemberontak syi’ah meluncurkan misil balistik ke ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Misil itu berhasil dihancurkan dengan misil antiserangan udara di dekat bandar udara internasional King Khalid, Riyadh.

Penerbangan bantuan kemanusiaan tiba tiga hari setelah koalisi mengumumkan akan mengizinkan pengiriman bantuan kemanusiaan melalui pelabuhan Hudaydah dan penerbangan ke bandara Sana’a, Rabu (22/11).

Rencana pembukaan blokade menimbang untuk menjamin persenjataan tidak mencapai para pemberontak.

Pejabat mengatakan, belum ada kapal-kapal bantuan yang berlabuh di Hudaydah.

Pengiriman bantuan via laut pun diharapkan segera tiba, tetapi tampaknya tertunda karena badan-badan bantuan kemanusiaan bernegosiasi dengan pihak keamanan koalisi.

Para petugas bantuan kemanusiaan telah memperingatkan bahwa penerbangan saja tidak cukup meringankan penderitaan. Oleh sebab itu, pengiriman dengan kapal harus segera tiba.

Lebih dari 20 juta orang memerlukan bantuan kemanusiaan yang mendesak. 11 juta di antaranya ialah anak-anak, sementara 400.000 anak sudah menderita malnutrisi akut. (*/Pamungkas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.