Minggu, 29 November 2020

Erupsi Gunung Agung, BNPB Sebut Ada Potensi Letusan yang lebih Besar

Erupsi Gunung Agung, BNPB Sebut Ada Potensi Letusan yang lebih Besar

Foto: Gunung Agung meletus membuat perekonomian warga Bali terganggu. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut jika ada kemungkinan letusan Gunung Agung yang lebih besar.

“Erupsi disertai erupsi eksplosif dengan suara dentuman lemah yang terdengar sampai jarak 12 km dari puncak. Sinar api semakin sering teramati di malam hari berikutnya. Ini menandakan potensi letusan yang lebih besar akan segera terjadi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jl Pramuka, Jakarta Timur, Senin ( 27/11).

Menurut Sutopo tingkat erupsi Gunung Agung meningkat dari fasi freatik ke magmatik. Hal ini terpantau sejak teramatinya sinar api di puncak di malam hari pada pukul 21.00 WITA, Sabtu (25/11).

“Sampai hari ini erupsi fase magmatik disertai kepulan abu tebal menerus mencapai ketinggian 2.000-3.400 meter dari puncak,” ujar Sutopo.

Sutopo menegaskan tidak boleh ada aktivitas masyarakat di dalam radius 8 km dan ditambah perluasan sektoral ke arah utara-timur laut dan tengara-selatanbarat daya sejauh 10 km dari kawah Gunung Agung.

Ada 22 desa terdampak dengan jumlah penduduk 90 ribu-100 ribu. Menurut Sutopo masih ada sebagian masyarakat yang belum mau mengungsi karena alasan masih aman, ternak termasuk lahan pertanian. (*/Dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.