Jumat, 27 November 2020

Bank Dunia Ungkap TKI Sumbang Devisa Capai Rp 118 Triliun

Bank Dunia Ungkap TKI Sumbang Devisa Capai Rp 118 Triliun

Foto. Pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri memberi kontribusi besar bagi perekonomian negara. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Sebanyak 9 juta Warga Negara Indonesia (WNI) atau 7% dari angkatan kerja Indonesia bekerja di luar negeri. Bank Dunia menilai dampaknya bagi perekonomian negara signifikan karena menyumbang devisa hingga USD 8,9 miliar atau kisaran Rp 118 triliun di tahun 2016.

Country Director Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo A. Chaves mengatakan, migrasi tenaga Indonesia ke luar negeri memberikan dampak signifikan bagi perekonomian negara. Sebab, pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri dapat memperoleh penghasilan 6 kali lebih tinggi dari penghasilannya di dalam negeri.

Berdasarkan data Bank Dunia, pada tahun 2016, total transfer uang yang dilakukan pekerja asing ke penerima di negara asalnya(remitansi) mencapai USD 8,9 miliar atau Rp 118 triliun, atau setara 1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Saat ini terdapat 9 juta warga Indonesia yang bekerja di luar negeri atau setara dengan 7 persen dari total angkatan kerja Indonesia.

“Bagi 70 persen pekerja migran bekerja di luar membantu mereka meningkatkan kesejahteraan. Bagi 80 persen pekerja migran wanita, migrasi menjadi pintu masuk ke pasar tenaga kerja berbayar,” kata dia, Selasa (28/11) yang dirilis merdeka.com.

Ada pun komposisi jenis pekerjaan yang digeluti antara lain, 32 persen bekerja sebagai PRT atau pengasuh anak, 19 persen pekerja pertanian, 18 persen pekerja konstruksi, 8 persen pekerja pabrik, 6 persen perawat lansia, 4 persen pekerja toko/restoran/hotel, 2 persen supir, dan 0,5 persen pekerja di kapal pesiar.(*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.