Sabtu, 28 November 2020

Di Mana Muslim Rohingya Pernah Tinggal?

Di Mana Muslim Rohingya Pernah Tinggal?

Sittwe, Swamedium.com — Krisis di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, masih merundung Muslim Rohingya. Salah satu yang menarik perhatian masyarakat internasional ialah yang terjadi di Rakhine Utara.

Perselisihan di Rakhine Utara, tepatnya di Distrik Maungdaw, berlangsung sejak 9 Oktober 2016 hingga saat ini. Pemerintah Myanmar mengklaim pihaknya sedang memerangi tentara penyelamat Rohingya Arakan (ARSA).

Tentara dan polisi Myanmar menewaskan setidaknya 475 anggota ARSA dan menahan 423 yang lainnya.

Sementara itu, sebanyak 2.000–3.000 warga sipil tewas, 23.000 warga Kota Maungdaw, Buthidaung, dan sekitarnya pindah ke daerah yang lain, dan 615.000 warga mengungsi ke luar negeri.

Suatu perdesaan di dekat Kota Maungdaw menjadi salah satu saksi kejahatan sistematis Negara terhadap warganya sendiri. Permukiman warga desa dibumihanguskan seperti tampak pada gambar yang diambil dari udara, yang dirilis oleh Reuters pada 14 November.

Pihak keamanan Myanmar dan komunitas buddha tidak segan membantai Muslim setempat. Mereka melakukan pembersihan etnik: membantai, memerkosa, dan membumihanguskan permukiman warga Rakhine, terutama Muslim Rohingya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan masyarakat internasional mengecam tindakan biadab mereka, tetapi mereka tetap melakukan kejahatan kemanusiaan terhadap etnik Rohingya. (Pamungkas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.